4 Kunci Agar Pernikahan Awet Sepasang pengantin. (Foto: Pixabay)

SIAPAPUN pasti ingin rumah tangganya langgeng hingga akhir hayat. Padahal, setelah menikah banyak tantangan yang harus dilalui. Tantangan tersebut juga tidak bisa dianggap enteng begitu saja.

Seperti dilansir Independent setelah mempelajari ribuan pasangan suami istri, Psikolog Eli Finkel menjelaskan banyak orang yang ingin memahami sisi emosional pasangannya. Mereka menginginkan dukungan dari pasangan sepenuhnya layaknya dukungan yang diberikan oleh orang tua dan anggota keluarga lain yang telah dikenal lebih dahulu.

Lantas bagaimana cara memiliki kehidupan pernikahan yang awet? Berikut tip dari Eli Finkel yang bisa Anda ikuti.

1. Sentuhan

Menggenggam tangan pasangan terlihat biasa, tapi memiliki dampak luar biasa. Sebuah sentuhan dapat membuat pasangan nyaman, meskipun tanpa disengaja. Sebuah percobaan memperlihatkan beberapa pasangan yang menonton video bersama. Sejumlah pasangan diinstruksikan agar tidak mengenggam tangan pasangan mereka selama percobaan. Pasangan lainnya diminta menyentuh dengan cara yang hangat dan nyaman.

Hasilnya, pasangan yang mendapatkan sentuhan mengatakan lebih percaya diri lantaran merasa dicintai pasangan mereka. Pegangan tangan bukanlah tanda kasih sayang spontan, tapi itu membuat mereka benar-benar merasa lebih baik.

2. Buat daftar momen menyenangkan

Setidaknya dalam satu minggu, catat momen bahagia yang Anda rasakan bersama pasangan. Syukuri hal yang pernah Anda lewati bersama dengannya. Sebuah percobaan mengharuskan beberapa pasangan untuk mencatat momen bahagia mereka bersama pasangan.

Hasilnya, mereka yang membuat daftar tersebut merasa semakin berkomitmen dengan hubungan. Tidak heran mereka juga lebih mensyukuri kehadiran pasangan.

3. Rayakan hal kecil

Tidak perlu selalu merayakan hal yang besar bersama pasangan. Rayakan hal kecil yang terjadi. Misalnya pasangan Anda menjalani hari di kantor dengan baik dan lancar. Berikan respons terhadap itu. Cari tahu lebih mendalam hal apa yang membuatnya dapat menjalani hari dengan baik.

Sebuah penelitian mencoba menerapkan hal ini. Sebuah pasangan merayakan hal kecil dalam acara makan malam mereka. Kedua pasangan tersebut merasa lebih dekat dan merasakan kegembiraan.

4. Abaikan masalah kecil

Tidak perlu bertengkar karena masalah kecil. Misalnya saat pasangan Anda tidak menjawab panggilan telepon Anda. Jangan jadikan hal itu sebagai pemicu pertengkaran.

Sebuah penelitian menuturkan pasangan yang tidak bahagia cenderung mempermasalahkan hal kecil. Saat tidak menjawab pangilan telepon mereka akan mengatakan pasangan mereka egois.

Sebaiknya jangan terlalu cepat menarik kesimpulan dari pasangan. Anda bisa menanyakannya dan biarkan ia memberikan penjelasan rasional mengapa tidak bisa mengangkat telepon.

Baca juga artikel Segera Menikah Jika Sudah Mengalami Ini dengan Pasangan.

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH