4 Kesalahan yang Masih Sering Kamu Lakukan saat Membersihkan Tubuh Beberapa kesalahan yang masih sering kamu lakukan saat membersihkan tubuh (Foto: Pixabay/Nadeem1991)

MEMILIKI tubuh yang terawat dengan baik tentunya akan membuat kamu senang dan membuat kamu tampil lebih percaya diri bukan? Maka dari itu, membersihkan dan melakukan berbagai perawatan pada tubuh sudah menjadi sebuah keharusan. Mau dilakukan sendiri di rumah ataupun pergi ke diri ke tempat perawatan.

Walaupun kamu merasa sudah membersihkan tubuh kamu dengan baik, belum tentu lo cara yang selama ini kamu lakukan adalah cara yang benar dan sudah tepat. Tanpa kamu sadari, kesalahan-kesalahan kecil masih saja kamu lakukan tiap harinya.

Kesalahan tersebut seharusnya kamu hindari dan melakukan perubahan untuk lebih baik. Melansir laman satujam.com, Berikut adalah beberapa kesalahan yang mungkin masih sering kamu lakukan saat membersihkan tubuh.

1. Membersihkan telinga

4 Kesalahan yang Masih Sering Kamu Lakukan saat Membersihkan Tubuh
Membersihkan telinga sebaiknya jangan langsung menggunakan cotton bud (foto: healthline.com)


Ketika kamu merasa tidak nyaman dengan keadaan telinga kamu, mungkin itu karena kotoran yang terkumpul di dalamnya, ada baiknya untuk tidak langsung membersihkannya dengan korek kuping cotton bud. Karena membersihkan telinga dengan cotton bud ternyata tidak baik lo.

Karena saat kamu membersihkannya, ternyata kotoran di dalam telinga justru bisa masuk ke dalam saluran telinga dan merusak gendang telinga.

Selain itu, hal yang perlu kamu tahu, kotoran telinga itu mengandung sifat antibakteri dan bisa keluar dengan sendirinya tanpa kamu ketahui kapan waktunya.

Jika kamu ingin memberishkan telanga tetapi kamu masih takut dan ragu untuk membersihkannya, lebih baik kamu mengunjungi dokter THT, supaya lebih aman.

2. Memotong kuku

4 Kesalahan yang Masih Sering Kamu Lakukan saat Membersihkan Tubuh
Jangan pernah memotong kuku terlalu pendek (Foto: arganoilshop.com)


Umumnya hanya ada satu gunting kuku dalam satu rumah yang dipakai bergantian oleh seluruh keluarga. Padahal, sebisa mungkin, satu gunting kuku itu digunakan utuk satu orang saja lo.

Selain itu, jangan pernah kamu memotong kuku terlalu pendek hingga mengguntingnya pada bagian kutikula kuku.

Sebab hal itu bisa beresiko infeksi pada kuku kamu. Maka berhati-hatilah saat memotong kuku mulai dari dini. Baiknya potong kuku dilakukan di pagi atau siang hari.

BACA JUGA:

Duri Ikan Tesangkut di Tenggorok? Begini Cara Mengatasinya

Tekanan Udara hingga Makanan Berlemak Bikin Perut Kembung setelah Terbang, ini Solusinya

Dari Meningkatkan Daya Tahan Tubuh hingga Menenangkan, 4 Teh Herbal ini Baik buat Kesehatan

3. Mencuci tangan melainkan hand sanitizer

4 Kesalahan yang Masih Sering Kamu Lakukan saat Membersihkan Tubuh
Cuci tangan cukup dengan satu menit saja (Foto: pixabay/Gentle07)


Sekarang banyak sekali yang menjual cairan pembersih tangan yang katanya anti bakteri yang bisa digunakan secara praktis dimanapun dan kapapun.

Padahal, jauh lebih baik juga kamu membersihkan kedua tangan itu dengan mencucinya menggunakan sabun di bawah air yang mengalir.

Coba lakukan enam langkah mencuci tangan yang telah dianjurkan dengan WHO, hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk kamu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, maka kedua tangan kamu sudah bersih dan bebas dari kuman.

4. Menyikat gigi

4 Kesalahan yang Masih Sering Kamu Lakukan saat Membersihkan Tubuh
Sikat gigi sebaiknya dilakukan 2 kali sehari di pagi dan malam hari (Foto: pixabay/collusor)


Meski menyikat gigi adalah hal yang penting untuk dilakukan, ada baiknya untuk tidak melakukannya sesaat setelah kamu makan ya. Lebih baik menyikat gigi kamu 30 menit setelah makan. Karena sesaat setelah makan, gigi kamu akan berada dalam keadaan asam.

Tapi, setelah 30 menit itu berlalu, keadaan gigi akan kembali dalam keadaan basah dan risiko untuk mengalami kerusakan pada lapisan email gigi akan terhindarkan lo. Rutin lah menyikat gigi dua kali sehari ya. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. (gsh)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH