Jangan Sampai Batal Cantik Gara-Gara Salah Pakai Maskara Banyak perempuan yang masih salah memakai maskara (Foto: Pexels/breakingpic)

MASKARA dapat mempercantik penampilan wajahmu. Kamu bisa menyulap bulu matamu jadi lebih lentik, dan memberikan kesan tebal serta bervolume dengan maskara. Namun, salah memakai maskara bisa membuat tampilan matamu jadi aneh. Akhirnya, kamu bisa batal jadi cantik deh.

Memakai maskara memang terlihat gampang, tapi saat prakteknya sulit. Laman VOGUE menjelaskan ada 4 kesalahan besar yang dilakukan perempuan saat memakai maskara. Yuk simak biar pemakaian maskara kamu bisa on point.

Baca juga:

Menghapus Maskara Tahan Air Tanpa Merontokkan Bulu Mata

1. Hanya menggunakan satu jenis maskara

Minimal gunakan dua jenis maskara (Foto: Unsplash/The Honest Company)

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan satu jenis maskara. Siapkan minimal dua jenis maskara. Dengan begitu, tampilan bulu mata yang kamu hasilkan akan terlihat lebih sempurna. "Anda akan menemukan hasil yang lebih baik setelah Anda mulai menggunakan dua jenis maskara memanjang dan volume," ujar Make Up Artis Mitali Vakil.

2. Salah memakai jenis maskara

Gunakan maskara sesuai dengan jenis bulu matamu (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

Pemakaian besar maskara tergantung dengan jenis bulu matamu. Jadi jangan sampai salah pilih jenis maskara. Jika bulu matamu lurus, gunakan curling maskara. Lalu, kalau tujuanmu ingin menciptakan bulu mata yang tebal, volumizing maskara merupakan pilihan paling tepat. "Anda harus memilih formula (maskara) yang sesuai untuk Anda," jelas Vakil.

Baca juga:

Kesalahan yang Paling Sering Terjadi Saat Mengaplikasikan Maskara

3. Tidak memakai eyelash curler

Eyelash curler akan sangat membantu (Foto: cultbeauty.co.uk)

Supaya bulu matamu lebih mengembang, pemakaian eyelash curler akan sangat membantu. Pilih juga eyelash curler yang sesuai dengan matamu, apakah itu heated curlers atau traditional curler. Gunakan eyelash curler sebelum mamakai maskara. "Anda akan mendapat manfaat dari menggunakan penjepit bulu mata untuk meningkatkan panjang bulu mata Anda," Ujar Make Artist yang berbasis di London, Denise Rabor.

4. Tidak pernah merawat bulu mata

Merawat bulu mata juga penting (Foto: Unsplash/MD Mamun)

Sama seperti rambut, bulu matamu juga perlu perawatan. Jadi percuma kamu menggunakan maskara tapi tidak pernah merawat bulu mata. Hasilnya tidak akan maksimal. Sebelum tidur, berikan perawatan bulu mata dengan mengoleskan castor oil. "Tapi hati-hati jangan sampai terlalu dekat dengan garis bulu mata agar tidak terbangun dengan folikel yang tersumbat," saran Rabor.

Jangan sampai salah memakai maskara lagi ya sahabat Merah Putih, selamat mencoba! (ikh)

Baca juga:

Perkenalkan, Ini Maskara Pertama yang Ramah Disabilitas

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH