Image
Author by : Resto Roemi Yogyakarta (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

Resto Roemi merupakan resto yang terkenal akan sajian atau menu-menu es krimnya. Resto Roemi berada di Jalan Suroto, nomor 1, Kota Baru, Kota Yogyakarta. Jaraknya dari Tugu Pal Putih hanya sekira 2 kilometer dan 2 kilometer pula dari Stasiun Lempuyangan.

Di tempat ini, es krim disajikan dengan berbagai variasi topping dan dengan tampilan yang menarik. Rasa yang ditawarkan pun bervariasi, dan beberapa rasa es perpaduan lembutnya rasa es krim, gurihnya susu putih, dan manisnya sirup stroberi, begitu nikmat. Rasa manis dari hidangan ini sangat pas, tidak terlalu manis. Rasanya semakin kaya dengan adanya tapai ketela yang ada di dalam menu ini.

Total, terdapat 30-an varian es krim. Varian rasa terbanyak ialah rasa-rasa buah, seperti durian, stroberi, dan sebagainya. Harga es krim di sini pun tak begitu mahal. Hanya kisaran Rp8.000 hingga puluhan ribu rupiah.

Image
Author by : Kafe Es Krim Momochi Yogyakarta, Jalan Prof Yohanes, Yogyakarta. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

Salah satu jenis es krim yang kini menjadi sasaran ialah es krim mochi. Es krim mochi merupakan perpaduan antara mochi dan es krim. Keduanya disatukan ke dalam mangkuk atau wadah khusus. Biasanya, mochi berada di luar tumpukan es krim, sehingga sensasi menikmati es krim akan terasa mochinya.

Di Yogyakarta, jenis es krim ini kini bisa dinikmati di cafe es krim Momochi. Momochi adalah brand pertama di Indonesia yang menjual mochi ice cream sejak tahun 2011 dan sudah memiliki 24 varian rasa diantara lain oreo, red velvet, greentea , bubble gum dan masih banyak yang lainnya. Selain mochi ice cream, Momochi juga menjual waffle, pancake dan juga bubble tea.

Ada dua varian ukuran es krim yang tersedia di sini. Ukuran tersebut ialah kecil dan sedang. Ukuran kecilnya dibanderol Rp9.000 dan ukuran sedang dibanderol Rp14.000. Penikmat es krim di sini juga bisa menambah berbagai macam topping, seperti egg pudding, kacang almond, jelly dan bubble seharga Rp1.000.

Alamat cafe es krim Momochi ini terletak di Jalan Prof Yohanes. Letaknya tak jauh dari perempatan Hotel UGM, hanya sekira 100 meter. Sementara dari Tugu Pal Putih hanya sekira 2 kilometer. Nah, letaknya yang strategis membuat Momochi menjadi tempat yang pas untuk bersantai menikmati es krim bercampur mochi. Apalagi, di sini sudah difasilitasi wifi gratis.

Image
Author by : Nitrous Ice Cream and Fruit Bar (Foto: Instagram/theresia.lia)

Nitrous Ice Cream and Fruit Bar berada di Jalan Perumnas, Seturan, Depok, Sleman, DI Yogyakarta. Letaknya tak jauh dari Jalan Gejayan atau pun Ringroad Utara.

Nitrous Ice Cream siap memanjakan para pengunjung dengan keunikan penyajian es krimnya. Es krim di sini dicampur nitrogen yang sudah dicairkan terlebih dahulu, melalui proses cryogenic. Nitrogen cair tersebut berfungsi untuk mendinginkan temperatur es krim sehingga tetap dingin dalam waktu lama.

Ada banyak variasi es krim yang bisa Anda nikmati. Salah satu menu yang cukup diminati oleh para pengunjung adalah special cool dragon Cookies. Menu ini terdiri dari 4 biskuit yang menggunakan stik es krim dan juga 1 gelas yang berisi nitrogen cair. Jangan heran jika es krim yang Anda pesan nantinya akan muncul banyak asap.

Image
Author by : Resto Es Krim Tempo Gelato, Yogyakarta. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

Di sini pengunjung dapat menikmati sensasi es krim dengan perpaduan cita rasa lokal. Salah satunya, gelato rasa jahe dan kayu manis.

Selain rasa tersebut, ada banyak rasa lainnya, seperti cokelat, mangga, stroberi , vanilla, nutela, green tea, buah naga, caramel, hingga guava. Untuk satu es gelato, Anda bisa memadukan berbagai macam rasa. Tentunya dengan ukuran yang disesuaikan, yakni ukuran kecil, sedang, atau besar.

Harga satu cup gelato ukuran kecilnya dihargai Rp15.000. Sementara ukuran besarnya bisa mencapai Rp40.000, dengan berbagai pilihan rasa tadi.

Gelato di sini awalnya diracik oleh orang Prancis. Kemudian, olahan tersebut dipadukan dengan lidah khas Indonesia. Dari sanalah muncul gelato dengan rasa dan kayu manis. (Fre)