4 Ide Kreatif yang Berujung Pada Keuntungan Triliunan Semuanya Diciptakan Karena Ide Kreatif dan kesalahan Seseorang (Foto: Pexels/Donald Tong)

BENDA atau suatu hal yang menjadi sangat populer biasanya diciptakan dengan perencanaan yang matang selama bertahun-tahun. Namun dalam daftar ini barang yang populer datang dari kesalahan sang penemu, bisa dikatakan tidak senga.

Meskipun berbagai benda di bawah ini ditemukan atas kesalahan, tapi bisa menghasilkan uang hingga triliunan rupiah. Melansir laman the richest, Berikut beberapa benda dan kegiatan yang sukses dijual meskipun tercipta dari sebuah kesalahan.

Baca juga:

Berangkat dari Ide Menghasilkan Miliaran

1. Slinky

4 Ide Kreatif yang Berujung Pada Keuntungan Triliunan
Slinky (foto: GarretWide)

Seorang insinyur mesin bernama Richard James membuat beberapa prototipe untuk peralatan kapal yang rapuh tidak akan bergerak saat mereka berlayar. Namun James tidak sengaja menjatuhkan salah satunya, dan James melihat bagaimana benda tersebut bergerak dengan sangat unik.

James membutuhkan waktu dua tahun unkuk menyempurnakan benda tersebut dan diberi nama Slinky oleh istrinya yang diartikan dari bahasa Swedia berarti anggun.

Awalnya pasangan tersebut hanya membuat 400 buah saja, dan habis dalam waktu kurang dari dua jam. Bahkan CNBC mengatakan hingga saat ini sudah terjual lebih dari 350 juta buah. Kabarnya perusahaan pembuat Slinky memiliki keuntungan hingga mencapai Rp42,3 triliun.

2. Zumba

4 Ide Kreatif yang Berujung Pada Keuntungan Triliunan
Beto Perez Sebagai Penemu Zumba (foto: The National)

Bukan benda, melainkan sebuah kegiatan olahraga. Seorang pria asal Kolombia bernama Beto Perez membuka sebuah kelas aerobik di Amerika Serikat. Biasanya Perez menggunakan lagu yang populer saja, namun suatu hari Perez lupa membawa kaset-kasetnya, dan satu-satunya lagu yang ada adalah musik Latin.

Awalnya Perez hanya berimprovisasi dari gerakan Salsa, namun saat tersebut menjadi lahirnya gerakan Zumba yang saat ini sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan Zumba sudah menjadi olahraga yang sangat diminati para kaum perempuan. Sejauh ini Perez dikabarkan memiliki kekayaan bersih sebesar Rp422,8 triliun.

Baca juga:

Liza Natalia, Eksis Berkontribusi Gaungkan Gaya Hidup Sehat Lewat Zumba

3. Ice Cream Cone

4 Ide Kreatif yang Berujung Pada Keuntungan Triliunan
Waffle Cone Ice Cream (foto: Serious Eats)

Memang ini terlihat sangat sederhana, namun seorang pekerja di St. Louis World's Fair bernama Ernest A. Hamwi pada tahun 1904 melihat seorang penjual es krim kehabisan mangkuk untuk disajikan. Sehingga Hamwi menyarankan untuk mencetak sebuah waffle dengan bentuk kerucut dan menyajikannya tepat diatasnya.

Ternyata gagasan yang diberikan oleh Hamwi dapat diterima oleh semua orang di dunia. Idenya sangat cemerlang dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya, beberapa tahun kemudian Hamwi mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Western Cone Company.

4. Popsicles

4 Ide Kreatif yang Berujung Pada Keuntungan Triliunan
Popsicles atau es loli (foto: Pexels/Leah Kelley)

Frank Epperson merupakan seorangan anak berusia 11 tahun yang tidak sengaja menemukan es loli pada tahun 1905. Epperson menambahkan bubuk soda dengan yang lain, namun dia lupa untuk mengauduknya dan langsung memasukannya kedalam lemari es. Saat mencobanya dia sangat terkejut karena rasanya yang sangat enak, dan dia mencoba menjualnya ke tetangganya.

Pada tahun 1923 dia mencoba menjualnya di taman hiburan, dan mengajukan hak patennya untuk es yang satu ini. Tetapi pada saat krisis dia terpaksa untuk menjual hak patennya pada Joe Lowe Co. Hingga saat ini perusahaan tersebut sudah memiliki untung hingga ratusan trilun. (ape)

Baca juga:

Meski Virtual, Barang-Barang ini Punya Harga Fantastis



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH