Relasi

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Rekening Bersama dengan Pasangan

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 09 November 2021
4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Rekening Bersama dengan Pasangan
Membuka rekening bersama bisa bermanfaat atau memberikan dampak buruk. (Foto: Pixabay/5317367)

BAGI sepasang kekasih yang telah mantap ingin melangkah ke jenjang pernikahan, rasanya membuka rekening bersama adalah keputusan yang tepat jika kesulitan menyimpan tabungan di rekening masing-masing. Membuka rekening bersama juga merupakan salah satu cara ekstrem untuk membuktikan kepercayaan di antara kamu dan doi.

Melansir mirror.co.uk, membuka rekening bersama dengan pasangan bisa menjadi mimpi indah atau mimpi buruk yang tak bisa kamu lupakan seumur hidup. Apalagi masalah yang berkaitan dengan uang bisa berdampak buruk terhadap masa depan hubunganmu dengan dirinya.

Baca Juga:

Nonton Film Horor di Bioskop Buat Modus ke Gebetan? Valid No Debat


1. Kepercayaan

rekber
Pastikan pasanganmu adalah orang yang bisa dipercaya. (Foto: Pixabay/sweetlouise)


Pastikan pasanganmu merupakan orang yang bisa dipercaya untuk mengurus keuangan bersama sejak pacaran. Karena jika salah prediksi, bisa jadi uang yang telah kamu masukan untuk tabungan bersama malah dibawa kabur oleh dirinya. Kalau sudah terlanjur dibawa kabur, kamu tidak bisa menuntut bank karena rekening bersama bisa diambil oleh siapa pun yang namanya tercantum di buku tabungan.


2. Buka kondisi keuangan

rekber
Rekening bersama membutuhkan transparansi kondisi keuangan masing-masing pasangan. (Foto: Pixabay/Pexels)


Jangan membicarakan soal keuangan hanya ketika ingin mengadakan acara saja. Seperti contohnya acara anniversary, acara lamaran, atau pun resepsi. Bicarakan soal keuangan dari hal kecil seperti berapa gaji masing-masing. Kamu harus membuat kesepakatan mengenai penarikan uang mendadak jika salah satu pasangan membutuhkan tambahan uang untuk suatu hal.

Kamu dan pasangan juga harus jujur mengenai hutang dan tagihan yang masih berlangsung sebelum akhirnya membuka rekening bersama. Karena suatu saat ketika tabungan pribadi tidak cukup untuk membayar hutang atau tagihan. Uang yang ada di rekening bersama terpaksa harus digunakan untuk kepentingan salah satu pasangan terlebih dahulu. Bicarakan dengan rinci kesepakatan penggunaan uang tabungan yang ada di rekening bersama.

Baca Juga:

5 Zodiak ini Sulit Akui Kesalahan, Benarkah?


3. Sistem kerja

rekber
Rekening bersama memiliki kebijakan khusus. (Foto: Pixabay/nattanan23)


Rekening bersama tidak seperti rekening pribadi pada umumnya. Selain ada bunga dan biaya admin per bulan, kamu juga perlu mengetahui sistem kerja rekening bersama agar tidak ada celah untuk pasanganmu membawa kabur uang bersama diam-diam. Karena namanya “rekening bersama” maka rekening tersebut bisa digunakan masing-masing pihak di waktu dan tempat yang berbeda. Jika ada penarikan uang, bank akan menganggap penarikan tersebut sudah disepakati bersama.


4. Pro dan kontra

rekber
Uang dalam rekening bersama buruknya bisa dibawa kabur salah satu pasangan. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)


Tentu saja membuka rekening bersama dengan pacar belum populer di Indonesia. Tetapi bukan berarti kamu tidak boleh mencobanya bersama pacar loh. Membuka rekening bersama dengan pacar bisa menguntungkan karena kamu dan doi belajar mengelola keuangan dari jauh hari. Tetapi uang tersebut bisa berisiko dibawa kabur oleh salah satu pihak dan tidak bisa langsung diurus oleh pihak berwenang karena rekening bersama merupakan kesepakatan antara nama-nama yang tercantum di dalamnya. (Mar)

Baca Juga:

Apa Sih Arti Love Language: 'Act of Service'?

#Lipsus November Keuangan #Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan