4 Hal yang Perlu Diketahui soal MotoGP 2020 Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez. Foto: @HRC_MotoGP

MerahPutih.com - MotoGP 2020 baru akan resmi dimulai pada Maret mendatang. Pasalnya begitu banyak hal penuh misteri menuju ajang balap motor bergengsi di dunia ini.

Bukan hanya soal persaingan menjadi juara dunia, melainkan juga bursa perpindahan pembalap. Semua pembalap di tim pabrikan memang bakal habis kontrak pengujung musim ini.

Baca Juga

5 Pembalap Terbaik di MotoGP pada Satu Dekade Terakhir

5 Momen Paling Tidak Terlupakan di MotoGP pada Satu Dekade Terakhir

Namun sambil menanti lomba putaran pertama di Sirkuit Losail, Qatar, Maret nanti, BolaSkor.com mengajak pembaca untuk melihat beberapa hal yang harus diketahui jelang MotoGP 2020.

1. 20 Lomba

Kymring
Sirkuit KymiRing

Jumlah putaran MotoGP 2020 bakal bertambah dari 19 putaran menjadi 20 putaran. Adalah MotoGP Finlandia yang kembali masuk kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor setelah absen sejak 32 tahun yang lalu. Sirkuit KymiRing bakal jadi tempat lomba MotoGP Finlandia yang berlangsung pada 10-12 Juli.

2. 3 Pembalap Rookie

Tercatat ada tiga pembalap berstatus rookie atau debutan di MotoGP 2020. Pertama dan kandidat Rookie of The Year adalah adik Marc Marquez, Alex Marquez. Alex memperkuat tim Repsol Honda. Dua nama lain ada di tim KTM. Brad Binder bakal mengisi kursi tim pabrikan KTM. Sedangkan Iker Lecuona merupakan pembalap tim satelit KTM Tech 3.

3. Tes Pra-Musim Dimulai di Sepang

Tes pra-musim pertama MotoGP musim ini di tahun 2020 akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia. Shakedown Test atau tes persiapan digelar di Sepang, 2-4 Februari. Kemudian tes sesungguhnya berlangsung 7-9 Februari. Kemudian sesi tes kedua atau terakhir bertempat di Losail, Qatar, 22-24 Februari.

4. Baru Ada Dua Tim Rilis Tanggal Launching Motor

Hari di mana tim-tim MotoGP memperkenalkan motor untuk musim baru merupakan momen paling ditunggu oleh banyak pihak. Hanya saja sampai dengan berita ini ditulis, baru ada dua tim yang telah mengumumkan tanggal perilisan motor anyar. Adalah Ducati yang memperkenalkan Ducati Desmosedici GP20 di Bologna, Italia, 23 Januari. Kemudian pada 6 Februari di Sepang, giliran Suzuki yang melakukannya. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH