4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memelihara Anjing Persiapan sebelum memelihara anjing (Sumber: Pixabay/Lepale)

Anjing adalah salah satu hewan yang sangat menggemaskan. Bukan hanya itu saja, kesetiaan dan kecerdasan hewan ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memeliharanya. Mereka bisa bercanda denganmu di rumah, menemanimu olahraga di sore hari atau mengambikan sesuatu untukmu.

Namun, bagi yang ingin merawat anjing untuk pertama kalinya mungkin harus baca artikel ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari mulai makanan serta peralatannya. Jangan sampai niat untuk menjadikan anjing hewan peliharaan malah membuatnya tersiksa.

1. Tempat makan dan minum

Siapkan tempat makan dan minum (Sumber: Pixabay/Kalhh)
Siapkan tempat makan dan minum (Sumber: Pixabay/Kalhh)

Memilih tempat makan dan minum anjing terbilang cukup penting. Bentuk dan ukurannya harus disesuaikan dengan kondisi dan usia anjing. Jika anjingmu hiperaktif, kamu harus memilih tempat makan dan minum yang cukup berat agar makanan dan minumannya tidak mudah tumpah.

2. Underpad

Siapkan underpad (Sumber: Pinterest/Ebay.to)
Siapkan underpad (Sumber: Pinterest/Ebay.to)

Kendala yang sering dihadapi pemelihara anjing adalah membersihkan kotoran hewan tersebut. Tak jarang anjing dianggap sebagai binatang jorok karena buang air kecil dan besar sembarangan. Padahal kamu bisa melatihnya. Temukan spot-spot yang biasa digunakan anjingmu untuk buang air kemudian letakkan underpad di sana.

3. Mainan

Mainan juga diperlukan (Sumber: Pinterest/Meowlogy.com)
Mainan juga diperlukan (Sumber: Pinterest/Meowlogy.com)

Mainan merupakan benda penting yang harus kamu sediakan. Kamu dapat membelikan gigitan anjing, boneka atau mainan tulang yang aman jika tertelan. Selain untuk membuatnya sibuk, dengan menggigit-gigit benda, gigi anjingmu menjadi lebih kuat dan sehat. Mainan tulang juga bisa berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi anjing.

4. Tempat tidur

Tempat tidur (Sumber: Pinterest/Smilingpawspets.com)
Tempat tidur (Sumber: Pinterest/Smilingpawspets.com)

Kamu perlu menyiapkan tempat tidur untuk anjingmu agar menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. Jangan biarkan mereka tidur di lantai yang dingin karena bisa berbahaya untuk kesehatan tulangnya. Dengan adanya tempat tidur khusus, anjing bisa lebih nyaman berada di dalam rumah. (mar)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH