4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Lockdown Siapkan dirimu sebelum Lockdown (Foto: Pixabay-Jarmoluk)

SAAT ini mayoritas orang di Indonesia sudah mulai menerapkan #dirumah aja sekitar 1-2 minggu. Mengingat semakin meningkatknya jumlah orang yang terinfeksi COVID-19, pemerintah mulai perlahan-lahan akan memberlakukan sistem lockdown.

Melansir dari laman ForeignPolicy, hal ini bukanlah persiapan untuk menyambut kiamat, melainkan mempersiapkan dirimu untuk pengalaman yang tidak nyaman untuk sementara, dan berkonsentrasi pada kesehatan fisik maupun psikologimu.

Baca Juga:

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Virus Corona

Jadi bagaimana kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik selama berminggu-minggu "padam" dari dunia?

1. Siapkan hal-hal Penting

Catat semua bahan penting (Foto: Pixabay/Kaboompics)

Beli masker, pembersih tangan, pemutih, dan sarung tangan. Mengingat harga yang cukup melonjak karena banyaknya permintaan, beli sesuai kebutuhan. Hindari obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh. Apalagi melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol, itu hanya memperburuk kesehatan dan meningkatkan potensi radang paru-paru. Hindari asupan yang merusak tubuhmu.

Belajar dari Tiongkok, kekurangan makanan bukan merupakan masalah utama saat wabah Corona terjadi. Tetapi tidak adanya persediaan makanan yang tahan selama sebulan yang jadi masalah. Sup sangat direkomendasikan untuk saat ini. Air tidak mungkin menjadi kritis. Buah dan sayuran segar seringkali menjadi hal yang sulit didapat, tetapi penting. Jadi, usahakanlah untuk mendapatkan sayuran dan buah, serta pasokan vitamin C yang baik.

2. Persiapkan finansial

Atur keuanganmu dari sekarang (Foto: Pixabay/Nattanan23)

Usaha kecil dan menengah berada di ujung tanduk. Begitu juga pegawai yang bekerja di kantoran, banyak yang dirumahkan. Mulailah berpikir sekarang tentang tambahan penghasilan yang memungkinkan dikerjakan via online. Hal ini menjadi solusi sementara untuk bertahan hidup di saat pandemi ini.

Baca juga:

Penyakit-Penyakit yang Meningkatkan Risiko Terkena COVID-19

3. Bangun rutinitas dan kehidupan online

Mulailah membiasakan rutinitas baru sementara (Foto: Pixabay/Mohamed Hassan)

Pandemi bukanlah sesuatu yang sebentar dan selesai dengan cepat. Penting sekali manusia untuk memulai membangun rutinitas baru yang produktif dan membangun kehidupan di dunia online. Berbagai perusahaan dan bisnis telah beralih sepenuhnya ke online untuk tetap mempertahankan tulang usahanya.

Selain dari sisi pekerjaan, sesi berkumpul dan beristirahat juga harus dipertimbangkan untuk menjaga kondisi tubuhmu. Menurut Matthew Stinson, salah satu pakar psikologis, "sangat penting untuk memiliki banyak rutinitas baru yang sejajar dengan rutinitas dystopian menangani pandemi ini,"

4. Jangan keluar rumah!

Diam di dalam rumah, jangan keluar! (Foto: Pixabay/Geralt)

Sistem lockdown itu memiliki arti yang sangat kuat. Sistem ini akan dilancarkan dengan maksud untuk menghilangkan seluruh aktivitas di berbagai daerah tanpa adanya pengecualian. Jika ada keperluan, semua harus berdasarkan izin yang jelas dan memiliki bukti. Ingat dan camkan, jangan keluar rumah!

Jangan lupa jaga terus kesehatan kamu sobat Merah Putih selama pandemi Corona. (nic)

Baca juga:

Sudah Eksis Ikut #UntilTomorrowChallenge Belum?


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH