4 Hal yang Dilakukan Taron Egerton demi Perankan Elton John di 'Rocketman' Demi membawakan karakter Elton John, Taron Egerton rela berusaha keras. (foto: imdb)

TAK selalu mudah memerankan tokoh besar dalam film biografi. Sudah pasti para aktor yang berpean harus total. Demikian juga yang dilakukan Taron Egerton saat memerankan musisi legendaris Elton John dalam film biopik Rocketman.

Dalam film garapan Dexter Fletcher itu, Egerton malah rela berlatih musik hingga menyelami gaya fesyen Elton. Ia bahkan rela membiasakan diri mengenakan platform heel khas Elton.

Aktor Inggris itu mengatakan bahwa detail terkecil dari penampilan Elton amat penting baginya. "Kami berencana untuk kreatif dengan film yang dibuat sebagai tribute untuk seseorang. Pada akhirnya, ini sebuah film biografi, bukan biopik," kata Egerton seperti dilansir Billboard.

Demi menampilkan detail terkecil dari seorang Elton John itulah, Egerton rela melakukan hal-hal berikut untuk film Rocketman.

1. Tampilan Panggung

rocketman
Membuat anarki di belakang piano demi menghidupkan gaya Elton di panggung. (foto: imdb)

"Elton berlatih di Royal Academy of Music. Jadi jelas sekali ada pengaruh musik klasik," kata Egerton tentang piano dalam setiap penampilan panggung Elton.

Ia menyebut postur punggung Elton amat lurus, sikunya pun terlipat dengan rapi. Penampilan panggung Elton berkembang seiring keinginan untuk membuat piano sebagai bagian dari show, bukan penghalang antara dia dan penonton.

Dalam satu scene, Egerton bercerita ia menghentak piano saat bermain. "Aku melompat-lompat, menendang-nendang kursiku ke belakang. Benar-benar kayak Jerry Lee dan Little Richard. Semua itu tentang menciptakan anarki di belakang piano," ujar Egerton.


2. Skill Keyboard

rocketman
Sengaja latihan keyboard agar tahu bagaimana bermain piano. (foto: IMDB)

Enggak mau asal akting, Egerton khusus berlatih musik beberapa jam dalam sehari selama 3 bulan. "Ini sulit," kata Egerton mengakui.

Ia mengatakan tak mungkin ia berpura-pura memainkan alat musik di film. Namun, latihan itu membuatnya cukup familier dengan piano. "Setidaknya, itu membuatku terlihat amat meyakinkan bahwa aku benar-benar memainkannya. Itulah tantangan sesungguhnya," kata Egerton.

Jangan salah, meskipun belajar keyboard cuma buat akting, Egerton akhirnya sedikit menguasai alat musik itu. "Aku lumayan lah bisa membawakan Your Song," katanya.

3. Fesyen

rocketman
Platform heel, bagian detail fesyen Elton John. (foto: imdb)

Elton punya selera fesyen yang unik. Tampilan selalu meriah dan 'wah'. Dari semua tampilan Elton, aktor 29 tahun ini mengaku amat menyukai fesyen yang membuatnya merasa lebih besar dan lebih kuat: hak sepatu yang besar, kostum sayap, sebuah mahkota, dan rok lebar.

Menurutnya, itulah sebagaian alasan Elton mengenakan kostum tersebut. Ternyata kostum inilah jadi kunci bagai Egerton untuk mengeluarkan sisi rock star dari dalam dirinya. "Kamu akan merasa amat kuat mengesankan saat mengenakannya," ujar Egerton.

Lewat fesyen yang unik itu juga, Egerton ingin menggambarkan karakter Elton secara utuh. "Eggak cuma bagian dirinya yang rapuh, tapi juga kecakapannya sebagai penampil di panggung," tegasnya.

4. Vokal

rocketman
Berlatih vokal hingga mengubah aksen. (foto: imdb)

Jika kamu mengikuti karya Elton sejak awal, terdengar sekali bahwa suara penyanyi Inggris itu berubah seiring waktu. Tak hanya dalam hal range vokal, tapi juga aksen. Egerton pun menyadari hal itu. "Seiring waktu, aksennya jadi lebih trans-Atlantic, kurang London," jelasnya.

Namun, karena film ini tidak menampilkan lagu-lagu Elton dalam urutan kronologis, sang aktor tidak benar-benar bisa mengikuti jejak perubahan itu secara presisi. "Range vokalku akan naik turun," ujarnya.

Meskipun demikian, setidaknya Egerton menyanyikan Your Song dalam film ini. "Aku menyanyikannya dalam range vokalku dengan nyaman. Aku amat menikmati membawakan lagu itu. Aku bahkan melakukannya langsung di lokasi," ujarnya.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH