Parenting

4 Hal yang Dilakukan Orangtua Bantu Tingkatkan Perilaku dan Suasana Hati Anak

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 18 November 2021
4 Hal yang Dilakukan Orangtua Bantu Tingkatkan Perilaku dan Suasana Hati Anak
anak-Pixabay-ledainhan

SETIAP anak memiliki batas kemampuan untuk tetap aktif. Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga berperang melawan frustasi yang terkadang menyebabkan amarah dan perilaku buruk.

Daripada mengabaikan mereka, orang tua harus mencari tahu akar penyebab perilaku tersebut dan mencari cara untuk mengatasinya. Ada banyak cara untuk membantu anak dalam menghadapi itu dan meningkatkan suasana hati serta perilaku anak mereka.

Ada 4 hal yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu meningkatkan perilaku dan suasana hati anak, dilansir India Times.

Baca Juga:

Nyeker Bisa Tingkatkan Nafsu Makan Si Kecil


Istirahat

anak
Anak bisa kesal kalau istirahatanya terganggu. (Foto: Pexels/Aditya Bose)


Biasanya anak-anak sangat energik sepanjang hari. Namun, jika anak kurang tidur, tidak istirahat di sela-sela aktivitas dan belajar, ia mungkin menjadi bosan dan kesal. Sangat penting bagi seorang anak untuk beristirahat dan bersantai, sehingga mereka dapat melanjutkan kembali aktivitas mereka sehari-hari dengan penuh semangat.


Serat dan protein

makan
Serat dan protein membuat anak-anak tetap semangat. (Foto: Unsplash/Chris Ralston)


Anak-anak harus diberi makanan yang kaya akan serat dan protein. Itu akan membuat anak tetap bersemangat sepanjang hari. Pastikan orangtua menambah jumlah nutrisi dalam makanan mereka dan membatasi konsumsi makanan tidak sehat. Ini akan mengurangi risiko obesitas yang sering menyebabkan kelesuan dan meningkatkan risiko kesehatan.

Baca Juga:

Studi: Asupan Sayur dan Buah Pengaruhi Kesehatan Mental Anak


Air

air
Jangan biarkan anak-anak dehidrasi. (Foto: Unsplash/Johnny McClung)


Gerakan fisik, melompat-lompat, bermain, dan aktivitas lain yang dilakukan anak-anak cenderung membuat mereka menjadi lelah dan dehidrasi. Untuk mendapatkan kembali tingkat energi, air minum sangat penting. Air memulihkan tubuh seseorang dan memberinya kemampuan untuk berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, tetap terhidrasi akan mengisi kembali tubuh anak dan menjaga mood mereka tetap terjaga.


Luar ruangan

anak
Biarkan anak bermain di luar ruangan. (Foto: Unsplash/MI PHAM)


Penting bagi anak-anak untuk keluar dan berkomunikasi dengan alam. Pergi keluar, bermain di ruang terbuka akan menenangkan pikiran mereka. Ini juga akan membuat mereka merasa lebih segar secara mental. Namun, mengingat pandemi, pastikan untuk membatasi permainan mereka di halaman belakang dan hindari area ramai seperti taman.

Ini cara mudah yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan perilaku dan suasana hati anak. Selain meningkatkan kedua hal itu, kesehatan mental dan fisik pun juga dapat berada dalam posisi maksimal. (mic)

Baca Juga:

Cara Cerdas Mencegah Anak Menonton Film Dewasa di Layanan Streaming

#Kesehatan #Anak
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan