4 Hal ini Ternyata Bisa Membuat AC Kamar Kamu Cepat Rusak Kesalahan ini Ternyata Bisa Memperpendek Umur AC atau cepat rusak (Foto: Square One)

SEBAGAI pendingin ruangan, AC pun perlu dirawat secara berkala. Rata-rata umur AC pada umumnya adalah 10 hingga 15 tahun, tetapi jika AC kamar kamu sudah berumur lebih dari itu, sepertinya kamu membutuhkan perawatan ekstra untuk AC tersebut. Dengan beberapa kesalahan seperti human error atau perbaikan yang tidak profesional oleh teknisi yang melakukan perawatan, kesalahan inilah yang membuat umur AC kamu menjadi lebih pendek.

1. Tidak Membersihkan AC Secara Berkala

4 Hal ini Ternyata Bisa Memperpendek Umur AC Kamar Kamu!
Pentingnya membersihkan AC Secara Berkala (Foto: HVAC)

Pada umumnya, kesalahan yang dilakukan oleh pemilik AC dan teknisi tersebut adalah dengan tidak mempedulikan debu, kotoran, dan hal-hal yang membuat AC tersebut menjadi jorok didalam. Sehingga kotoran-kotoran yang hinggap didalam interior AC kamu bisa mempengaruhi AC kamu.

Seperti halnya pemilik AC pada umumnya, ketika mereka hanya mengelap, ataupun membersihkan bagian eksterior pada AC tersebut. Baik itu kipasnya, kompresor, atau perangkat penting yang hanya berada diluar. Tetap saja AC tersebut akan memiliki umur pendek.

Apalagi jika kamu tidak mempedulikan pembersihan AC secara berkala, hal itu mengakibatkan AC tersebut mempersilahkan banyak kotoran untuk berhinggap di kamarmu.

Akibatnya adalah penghuni kamar tersebut bisa terkena alergi debu, atau bahkan bisa terkena asma karena debu-debu yang dihembuskan oleh AC tersebut.

2. Tidak Melihat Kesalahan pada AC

4 Hal ini Ternyata Bisa Memperpendek Umur AC Kamar Kamu!
Tidak Jeli Melihat Kesalahan pada AC (Foto: Video Blocks)

Walaupun AC ruangan kamarmu bisa berjalan dengan lancar dan tanpa masalah. Tetapi hari demi hari AC tersebut bisa terkena masalah lho! Apalagi jika AC tersebut tidak dipakai hingga berbulan-bulan.

Walaupun pemakaian yang sering bukan berarti kamu tidak perlu melakukan servis secara berkala, melainkan beberapa hal ternyata bisa terjadi kepada AC kamu. Seperti kebocoran, air yang mengalir di AC kamu, atau bahkan AC akan bersuara.

Lebih baik kamu harus menginspeksi AC tersebut setiap 4 bulan sekali, atau mungkin cari teknisi yang bisa menginspeksinya untukmu.

Selain kamu tidak perlu bekerja untuk memperbaiki AC tersebut, kamu juga bisa berkonsultasi dengannya bagaimana cara merawat AC di kamar kamu. Jangan lupa juga untuk meminta teknisi tersebut untuk membersihkan ventilasi AC kamu!

3. Pengaruh Temperatur pada AC

4 Hal ini Ternyata Bisa Memperpendek Umur AC Kamar Kamu!
Temperatur suhu ternyata juga bisa berpengaruh pada kerusakan AC (Foto: LG)

Meski dalam keadaan hidup atau mati, suhu pada AC juga bisa berpengaruh. Cobalah untuk mengontrol suhu AC untuk ruangan kamu, untuk suhu ideal AC pada umumnya adalah 20 derajat celsius, tetapi menurut banyak ahli dari teknisi AC.

Menaikkan temperatur AC lebih dari 20 derajat celsius bisa mengirit biaya tagihan untuk AC kamu sebesar dua persen lho! dan mengurangi temperatur tak akan menambah biaya tagihanmu.

Cobalah untuk tidak membiarkan AC di ruanganmu lebih dari 20 derajat celsius. Apalagi jika AC dalam keadaan mati. Karena akan memperpendek umur AC kamu juga.

4. Jika Hal ini Terjadi, Sudah Saatnya Ganti AC

4 Hal ini Ternyata Bisa Memperpendek Umur AC Kamar Kamu!
Jika terus-menerus bermasalah, sudah saatnya ganti AC baru (Foto: Service Champions)

Walaupun memiliki kemungkinan kecil terjadi pada AC kamu, kamu mungkin bisa memanggil teknisi untuk memperbaiki AC yang rusak. Akan tetapi jika memang sudah diperbaiki tetapi berbagai masalah masih tetap terjadi, lebih baik kamu menyimpan uangmu untuk membeli AC yang baru.

Hal-hal ini termasuk: AC kamu membuat ruanganmu lembab, biaya tagihan AC yang berbeda daripada biasanya, umur AC yang lebih dari 15 tahun, AC tidak mendinginkan ruangan dengan baik, dan juga AC yang bersuara walaupun sudah diservis secara berkala. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH