Media Sosial

4 Fitur Tersembunyi Telegram Ini Wajib Kamu Coba

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 14 Oktober 2021
4 Fitur Tersembunyi Telegram Ini Wajib Kamu Coba
Tampilan chat di Telegram. (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)

TELEGRAM menjadi salah satu aplikasi populer dan punya fitur-fitur yang bikin pengalaman online chatting jadi makin menarik. Mulai dari sistem keamanan yang menjanjikan, fitur permainan yang seru, hingga fitur pesan rahasia yang cocok buat kamu supaya enggak ketahuan oleh teman-teman saat chatting dengan mantanmu.

Faktanya, Telegram masih punya empat 'harta karun' rahasia yang masih belum banyak diketahui. Yuk, ketahui selengkapnya untuk mendapatkan user experience yang lebih baik lagi dari Telegram.

Baca juga:

Telegram Voice Chat, Cara Baru Berkumpul Virtual

1. Cari teman baru lewat fitur Find People by Location

4 Fitur Tersembunyi Telegram ini Wajib Kamu Coba
Mencari teman baru berdasarkan lokasi sekitarmu. (Foto: Alphr)

Fitur ini cocok buat kamu yang ingin memperluas jaringan dan mendapatkan teman online baru dari lokasi sekitarmu. Meski demikian, pengguna dan grup harus mengaktifkan fitur ini juga agar bisa ditemukan. Jadi, apabila grup atau pengguna yang kamu cari belum mengaktifkan fitur ini, kamu belum bisa menemukan mereka lewat Telegram, ya. Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke 'tab Contacts' dan berikan izin lokasi saat ditanyakan.

2. Atur pesan masuk di grup dengan fitur Slow Mode

4 Fitur Tersembunyi Telegram ini Wajib Kamu Coba
Fitur Slow Mode. (Foto: Telegram)

Kalau kamu sudah familiar dengan grup Telegram, kamu pastinya tahu bahwa Telegram mengizinkan penggunanya untuk menambahkan anggota grup hingga 200 ribu orang. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa bayangkan berapa banyak pesan yang mungkin kamu dapatkan tiap harinya dari satu grup saja.

Oleh karena itu, agar pengguna tidak merasa overwhelmed, admin grup mempunyai opsi ‘Slow Mode’, yakni suatu fitur untuk menjadwalkan waktu tertentu bagi anggota grup sebelum mereka bisa mengirimkan pesan berikutnya ke grup tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke grup yang kamu miliki dan klik 'Edit' dan 'Permissions'.

3. Video meeting yang bisa direkam

4 Fitur Tersembunyi Telegram ini Wajib Kamu Coba
Bisa direkam. (Foto: xda-developers)

Selain banyak platform online meeting yang biasa digunakan seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams, kamu kamu juga bisa mengadakan online meeting lewat Telegram. Kamu juga bisa merekam dan mengirimkan rekaman meeting tersebut ke teman atau kolega yang kamu kenal di Telegram.

Untuk menggunakan opsi ini, klik tombol Chat dan tekan simbol mikrofon. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan kamu sudah memberikan izin akses aplikasi Telegram untuk mengirim gambar dan video.

4. Data aman lewat fitur Private Channel

4 Fitur Tersembunyi Telegram ini Wajib Kamu Coba
Channel privat yang dapat dipersonalisasi. (Foto: YouTube/Weekend Show)

Telegram juga menawarkan fitur unik yakni membuat channel privat yang dapat dipersonalisasi. Channel ini biasanya dapat diakses secara publik, namun apabila kamu membutuhkan fitur yang memungkinkan kamu untuk menyimpan data atau pesan penting apa pun, fitur ini cocok untuk kamu.

Untuk membuat channel privat, tiap pengguna mungkin memiliki instruksi yang berbeda tergantung tipe device yang digunakan. Untuk iPhone, masuk ke 'tab Chats', klik opsi 'New Message' di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel.

Untuk Android, masuk ke 'Chats' dan klik simbol pensil dan pilih 'New Channel' dari daftar pilihan yang tersedia. Dan untuk Desktop, ketuk menu 'hamburger' di sudut kiri atas dan pilih opsi 'New Channel'. (and)

Baca juga:

Waspada Kejahatan Siber di Telegram

#Media Sosial #Teknologi #Telegram
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan