4 Film yang Pas Ditonton Saat Menunggu Berbuka Puasa Film 3: Alif Lam Mim (Sumber: IMDb)

MENUNGGU waktu berbuka puasa memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja menonton film. Apalagi kegiatan ini punya beberapa kelebihan dibandingkan jalan-jalan seperti yang dilakukan orang pada umumnya. Kamu tak perlu menyaksikan kemacetan menjelang Maghrib.

Kamu bisa memilih film apa saja yang akan menemanimu hingga waktu berbuka tiba. Tapi kalau bingung, Merahputih.com akan merekomendasikan beberapa film yang cocok untuk kamu tonton saat menjelang buka puasa.

1. 3: Alif Lam Mim

Film yang dibuat tahun 2016 ini memiliki latar belakang masa depan, tepatnya tahun 2036. Saat itu Indonesia kembali damai setelah kerusuhan dan pembantaian kaum liberal berakhir di tahun 2026. Hak asasi manusia di atas segalanya, bahkan penggunaan peluru tajam oleh aparat keamaanan dilarang.

Konflik muncul dari tiga orang sahabat Alif, Lam dan Mim yang besar di padepokan Al-Ikhlas. Alif memilih menjadi aparat, Lam bekeinginan menyebarkan kebenaran dan berprofesi sebagai jurnalis, sementara Mim tetap mengajar dipadepokan. Konflik terjadi ketika terdapat konspirasi besar yang ingin menghancurkan Islam di Indonesia.

2. My Name is Khan

Sebuah film yang dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Kajol ini bercerita tentang kehidupan muslim yang menderita asperger syndrome yang bernama Rizvan khan. Karena dilahirkan berbeda, sang ibu selalu memberi perhatian lebih. Namun hal itu yang membuat Zakir adik Rizvan cemburu. Suatu ketika Rizvan ikut bersama Zakir pergi ke Amerika.

Di sana Rizvan bertemu dengan seorang janda satu anak. Ia jatuh cinta dan akhirnya menikahi janda tersebut. Namun, sang anak mendapat perlakuan buruk dari lingkungannya hingga tewas. Hal itu dipicu karena ibunya telah menikah dengan seorang muslim. Rizvan pun bertekat untuk bertemu presiden AS dan mengatakan kalau ia bukan teroris.

3. Bilal

Film animasi ini sudah tayang di Uni Emirat Arab sejak tahun 2016, sementara di Indonesia film ini serentak dipura di bioskop tanggal 15 Mei. Film yang mendapat banyak penggargaan di festival internasional ini mengisahkan sosok sahabat Rasullullah, Bilal bin Rabah.

Karena bercerita tentang sahabat rasul, tentunya film ini banyak memasukan unsur dahwah. Kita akan melihat bagaimana Bilal bin Rabah seorang budak asal Etiopia selamat dan menjadi muazin Islam serta salah satu sosok yang dekat dengan Nabi Muhammad.

4. The Message

Film ini memang terbilang film jadul karena diproduksi pertengahan tahun 70an. Tapi, ceritanya masih sangat layak ditonton. The Message bercerita tentang peristiwa penting yang dialami Nabi Muhammad saat menyebarkan agama Islam dari sudut pandang paman serta sahabat Nabi.

Film garapan Moustapha Akkad ini juga menampilkan kisah hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah. The Message terbilang cukup berprestasi karena pernah masuk dalam nominasi penghargaan Academy Award ke 50 untuk kategori Bbest Original Score.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH