4 Film yang 'Merampok' 10 Nominasi Oscar 2020 Nominasi film Oscar sudah diumumkan (Foto: Oscar)

NOMINASI Oscar 2020 telah diumumkan oleh John Cho dan Issa Rae untuk Academy Awards ke-92 di Samuel Goldwyn Theater Beverly Hills, Amerika Serikat, pada Senin, 13 Januari 2020. Ada empat film yang berhasil merampok 10 nominasi Oscar 2020.

Di antara nominasinya, film Joker menerima nominasi terbanyak yaitu 11, termasuk nominasi kategori Best Picture, Aktor dalam Peran Utama, dan Penyutradaraan.

Baca juga:

11 Nominasi Piala Oscar untuk 'Joker'

Sedangkan film lainnya seperti The Irishman, 1917, dan Once Upon A Time... In Hollywood menerima 10 nominasi. Lalu, film Jojo Rabbit, Little Women, Marriage Story dan Parasite menerima 6 nominasi.

Pengumuman pemenang Academy Awards ke-92 akan diadakan di Dolby Theatre, Hollywood & Highland Center di Hollywood pada Minggu, 9 Februari 2020. Acara tersebut akan disiarkan langsung di ABC Television Network dan juga disiarkan langsung di lebih dari 225 negara.

Sembari menunggu pengumuman pemenang yang akan dimulai sekitar 2 minggu lagi, simak dulu yuk nominasi apa aja yang dirampok oleh empat film tersebut.

1. Joker

Film Joker Nominasi Oscar 2020
Joker merampok 11 nominasi Oscar (Foto: oscar.go.com)

Film yang mendapatkan nominasi Oscar 2020 terbanyak dipegang oleh Joker yaitu sebanyak 11 nominasi, di antaranya:

- Best Picture
- Actor in a Leading Role, Joaquin Phoenix
- Cinematography
- Costume Design
- Directing
- Film Editing
- Makeup and Hairstyling
- Music (Original Score)
- Sound Editing
- Sound Mixing
- dan Writing (Adapted Screenplay)

Film ini menceritakan suasana masyarakat Gotham yang kacau, seorang pemuda, Arthur Fleck alias Joker, ingin menjadi komedian layaknya Stand Up Comedy. Namun, dia terperangkap dalam siklus yang apatis. Dia selalu menerima kekejaman hingga pengkhianatan. Akibatnya, Arthur yang telah lama sabar menjadi dikuasai oleh amarahnya. Hal ini menjadikan Arthur untuk membuat keputusan yang buruk satu demi satu.

Film ini disutradarai oleh Todd Phillips dan diproduseri oleh Todd Phillips, Bradley Cooper, dan Emma Tillinger Koskoff. Serta mendapatkan rating sebesar 8,6 di Imdb saat ini.

2. The Irishman

The Irishman Nominasi Oscar 2020
Memiliki 20 lagu soundtrack (Foto: oscar.go.com)

Film yang di dalamnya memiliki 20 lagu soundtrack ini memiliki 10 nominasi Oscar 2020, di antaranya:

- Best Picture
- Actor in a Supporting Role, Al Pacino
- Actor in a Supporting Role, Joe Pesci
- Cinematography
- Costume Design
- Directing
- Film Editing
- Production Design
- Visual Effects
- dan Writing (Adapted Screenplay)

Film ini diadaptasi dari buku karya Charles Brandt yang berjudul Heard You Paint Houses (2004). Cerita dari buku tersebut diangkat dari kisah nyata seorang lelaki tua sekaligus dokter hewan Perang Dunia II, Frank Sheeran, yang merefleksikan hidupnya sebagai penipu dan gerombolan perusuh. Sheeran bekerja bersama dengan banyak tokoh terkenal, termasuk Jimmy Hoffa. Film ini berusaha menampilkan salah satu misteri terbesar yang belum terpecahkan dalam sejarah Amerika Serikat yaitu hilangnya Jimmy Hoffa ini. Hoffa merupakan ketua serikat pekerja legendaris.

Film ini disutradarai oleh Martin Scorsese dan diproduseri oleh Robert De Niro, Jane Rosenthal, dan Emma Tillinger Koskoff. Serta mendapatkan rating sebesar 8 di Imdb saat ini.

Baca juga:

Berlagak Hollywood, Apa Saja Syarat Film Bisa Masuk Penghargaan Oscar?

3. 1917

Film 1917 Nominasi Oscar 2020
Berlatar belakang Perang Dunia I (Foto: oscar.go.com)

Film yang berlatar belakang Perang Dunia I ini memiliki 10 nominasi Oscar 2020, di antaranya:

- Best Picture
- Cinematography
- Directing
- MakeUp and Hairstyling
- Music (Original Score)
- Production Design
- Sound Editing
- Sound Mixing
- Visual Effects
- Writing (Adapted Screenplay)

Film ini berlatar selama Perang Dunia I. Dua tentara Inggris Schofield dan Blake dikirim pada misi berbahaya untuk menghentikan serangan oleh Divisi ke-7 Inggris yang akan mengakibatkan pembantaian oleh Jerman. Tugas mereka mengambil urgensi ekstra karena terdapat saudara Blake yang berperang di Divisi tersebut.

Film ini disutradarai oleh Sam Mendes dan diproduseri oleh Pippa Harris, Jayne-Ann Tenggren, dan Callum McDougall. Serta mendapatkan rating sebesar 8,6 di Imdb saat ini.

4. Once Upon A Time... In Hollywood

Once Upon A Time... In Hollywood
Kembalinya Leonardo DiCaprio setelah vakum empat tahun dari dunia film (Foto: oscar.go.com)

Film ini diperankan oleh artis Hollywood yang telah empat tahun vakum di dunia perfilman setelah memerankan The Revenant (2015), yaitu Leonardo DiCaprio. Once Upon A Time... In Hollywood juga meraih 10 nominasi Oscar 2020, di antaranya:

- Best Picture
- Actor in a Leading Role, Leonardo DiCaprio
- Actor in a Supporting Role, Brad Pitt
- Cinematography
- Costume Design
- Directing
- Production Design
- Sound Editing
- Sound Mixing
- Writing (Adapted Screenplay)

Film ini menceritakan tentang kisah di Los Angeles pada tahun 1969, di mana tahun tersebut merupakan puncak kejayaan Hollywood. Bintang TV yang sudah tua, Rick Dalton, dan pemeran lama, Cliff Booth, bekerjasama dan berjuang keras untuk mengejar karirnya kembali di Industri film. Masa kejayaan mereka telah usai karena kalah saing oleh aktris yang sedang naik daun di Kawasan Cielo Drive.

Film ini disutradarai oleh Quentin Tarantino dan diproduseri oleh David Heyman, Shannon McIntosh, dan Quentin Tarantino. Serta mendapatkan rating sebesar 7,8 di Imdb saat ini.

Jadi, jangan lewatkan pengumuman pemenang nanti untuk melihat film kebanggaan kamu mengangkat piala Oscar 2020. (arb)

Baca juga:

Drama Perang '1917' Diprediksi Menang Banyak di Oscar 2020


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH