4 Film Wajib Buat Kamu yang Hobi Bersepeda Memiliki relasi yang kuat bagi kamu yang hobi bersepeda. (Foto: Hollywood Reporter)

SETIAP 3 Juni dunia memperingati Hari Sepeda Dunia. Ya, bersepeda memang asyik dilakukan baik untuk berolahraga atau hanya sekedar berkeliling bersama teman-teman. Aktivitas sehat ini tentunya memberikan pengalaman tersendiri bagi setiap orang. Bagi kamu yang menyukai olahraga ekstrem, bersepeda juga cocok lho!

Kamu yang hobi bersepeda, mungkin kamu pernah menyaksikan beberapa film yang menampilkan kendaraan roda dua ini. Melansir laman Active dan BFI, berikut empat film yang memberikanmu inspirasi dan semakin semangat bersepeda.

Baca juga:

Selamat Hari Sepeda Dunia, Ayo Gowes Biar Bebas Corona

1. Premium Rush

Premium Rush merupakan film yang digarap oleh sutradara David Koeep dan rilis 26 September 2012 silam. Bintang utama dalam film ini adalah Joseph Gordon-Levitt.

Menghindari mobil-mobil ngebut, taksi, dan delapan juta pejalan kaki, semua terjadi setiap hari untuk Wilee. Wilee adalah seorang kurir sepeda terbaik di New York. Ia menggunakan sepeda fixie nya saat mengantarkan pesanan berupa dokumen, serta menempuh kepadatan kota Manhattan dengan tepat waktu.

Suatu hari, ia mendapat tugas untuk mengirimkan amplop dari seorang bernama Nima. Amplop yang berisikan uang USD 50 ribu tersebut diantarkannya kepada seseorang bernama Chen di daerah pecinan.

Chen sendiri diketahui menjadi bagian dalam sindikat penyelundupan manusia antaranegara. Film yang berdurasi 1 jam 32 menit ini mengeluarkan total anggaran sebesar USD 35 juta.

2. The Kid With a Bike

Cyril adalah seorang anak berumur 11 tahun yang ditinggalkan oleh ayahnya tanpa penjelasan. Enggan menerima kenyataan bahwa orang tuanya tidak sempurna, Cyril melarikan diri untuk mencari ayah dan sepedanya.

Secara tidak sengaja, ia bertemu dengan Samantha, seorang penata rambut yang bertekad untuk menguru Cyril. Film ini adalah karya terbaru dari sutradara Dardenne Brothers, sebuah drama universal tentang orang tua, anak-anak, dan tanggung jawab moral.

Film yang berdurasi 1 jam 27 menit ini meraih berbagai penghargaan, di antaranya Nominasi Golden Globe Awards untuk Film Asing Terbaik dan Pemenang Grand Prize of the Jury di Festival Film Cannes.

Baca juga:

Hobi Bersepeda? Yuk Intip 5 Kota yang Sangat Ramah untuk Pengendara Sepeda

3. The Flying Scotsman

The Flying Scotsman digarap oleh sutradara Douglas Mackinnon. Dalam film biografi Inggris 2006 ini, Jonny Lee Miller memerankan pengendara sepeda Skotlandia bernama Graeme Obree. Ia memegang dua kali World Hour Record dan juara dunia dalam pengejaran 4000 meter pada 1993 dan 1995.

Film ini menggambarkan pertarungan Obree dengan perusahaan yang diwakili oleh World Cycling Federation (WCF) untuk dapat menggunakan sepeda inovatifnya Old Faithful. Seperti banyak atlet hebat lainnnya, Obree juga menghadapi masalah dalam bentuk penyakit mental dan depresi.

Walaupun berhasil membuat rekor baru, WCF ternyata tidak mengakui pencapaian Obree. Mereka menganggap cara bersepeda Obree tidak sesuai aturan yang sudah ditetapkan.

4. Breaking Away

Film yang rilis pada 24 Juli 1979 ini disutradarai oleh Peter Yates. Setelah lulus dari pendidikan SMA, Dave Stoller (Dennis Christopher) belum memutuskan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Ia masih menikmati masa remajanya bersama ketiga sahabatnya, yakni Mike, Cyril, dan Moocher. Dave sendiri memiliki hobi yang unik dan berbeda dengan sahabatnya, yaitu bersepeda.

Agar hobinya tersebut terwujud, sahabat dari Dave menyarankan untuk membentuk tim sepeda bersama. Akhirnya lahirlah nama Cutters, lalu mengikuti kompetisi yang diadakan oleh Universitas Indiana. (and)

Baca juga:

5 Lagu Kekinian ini Dijamin Bikin Kegiatan Bersepedamu Makin Seru



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH