Simak 4 Film Berlatar Belakang Perang Korea! South Korean President Moon Jae-in and North Korean leader Kim Jong Un. (Foto/REUTERS)

SEKIRA 75 ribu Tentara Rakyat Korea Utara melanggar kesepakatan bersama. Mereka menduduki wilayah di lokasi 38 derajat Lintang Utara batas antara wilayah Republik Demokratik Korea dan Republik Korea (Selatan). Peristiwa itu menandai awal mula Perang Korea pada 25 Juni 1950.

Imbasnya, wilayah Korea terbagi menjadi dua, Utara dan Selatan. Selama 68 tahun hubungan kedua negara bersaudara ini tak pernah harmonis. Isu program nuklir Korea Utara selalu memanaskan kontestasi kedua negara.

Hari ini, Jumat (27/4) kedua pemimpin negara sepakat bertemu untuk membicarakan penghentian konflik.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, untuk kali pertama menginjakkan kaki di Garis Demarkasi Militer bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. "Saya senang bertemu Anda," ujar Moon Jae-In kepada Kim, seperti dilansir dari AFP.

Sejak berpisah selama 65 tahun, banyak film yang lahir tentang kisah perang antara kedua negara itu. Berikut merahputih.com merangkum 4 film yang berlatar belakang perang antara Korea Utara dan Korea Selatan;

71 Into The Fire (2010)

Film 71 Into The Fire yang dirilis tahun 2010 ini mengisahkan tentang 71 siswa sekolah yang menjaga benteng pertahanan Korea Selatan yang menjadi sasaran Korea Utara. Benteng yang berupa sekolah itu diserang oleh tentara Korea Utara dan hasilnya semua siswa itu mati.

Selain menegangkan, film ini juga membuat para penontonnya bermandikan air mata. Pasalnya, sebelum meninggal semua siswa tersebut telah menulis surat kepada keluarga. Film ini dibintangi Cha Seung Won, Kwon Sang Woo, Kim Seung Woo dan T.O.P Big Bang.

Film 71 Into The Fire (Foto/evinurulhidayati.blogspot.co.id)
Film 71 Into The Fire (Foto/evinurulhidayati.blogspot.co.id)

Tae Guk Gi (2004)

Film yang sangat melegenda di Korea bahkan dunia ini dirilis pada 2004. Perang saudara antara Korea Utara dan Korea Selatan menjadi latar belakang film ini. Kisah yang di angkat pada Tae Guk Gi adalah hubungan antara dua orang saudara yang bermusuhan karena perang saudara tersubut.

Film ini dimainkan oleh Jang Dong Gun dan Won Bin dan sukses dipasarkan keberbagai festival internasional.

Film Tae Guk Gi (Foto/Wikipedia)
Film Tae Guk Gi (Foto/Wikipedia)

Operation Chromite (2016)

Film ini mengisahkan perjuangan tentara Korea Selatan merebut kembali Kota Seoul yang telah diduduki pasukan Korea Utara. Pada saat itu sempat terjadi pertempuran di mana pasukan PBB melakukan serangan mendadak dan memukul mundur pasukan Korea Utara.

Cerita ini di angkat dari kisah nyata Perang Korea yang terjadi selama 1950-1953. Film ini dimainkan oleh Lee jung Jae, Lee Beom Soo, dan Jin Se Yeon.

Film Operation Chromite (Foto/koreatimes.com)
Film Operation Chromite (Foto/koreatimes.com)

J.S.A: Joint Security Area (2000)

Kisah penembakan dua tentara Korea Utara yang terjadi diperbatasan kedua negara menjadi awal konflik yang diceritakan dalam film ini. Mayor Sophie E. Jean, diperankan Lee Young Ae, bertugas menyelidiki kasus tersebut. Selama penyelidikan ia menemukan berbagai kejanggalan yang ternyata mengantarkan ia mengetahui rahasia dari masa lalunya.

Film ini di angkat dari novel berjudul “DMZ” karangan Park Chan Wook, Joint Security Area (JSA). Film ini dimainkan oleh Lee Young Ae, Lee Byung Hun dan Song Kang Ho.

 Film J.S.A.: Joint Security Area (Foto/imdb.com)

Film J.S.A.: Joint Security Area (Foto/imdb.com)

Film-film berlatar Perang Korea di atas bisa menjadi pilihan Sabahat MP menghasbiskan pekan sekaligus menengok masa lampau pertikaian dua saudara Korea. (Zai)

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH