4 Fakta tentang Steven Spielberg, Nomor 4 Bukti Idealismenya

Rina GarminaRina Garmina - Selasa, 20 Maret 2018
4 Fakta tentang Steven Spielberg, Nomor 4 Bukti Idealismenya
Steven Spielberg. (Foto: Instagram/@stevenspielberg)

POPULARITAS Steven Spielberg sebagai sutradara tidak diragukan lagi. Film-film garapannya pun banyak disukai penonton. Piala Oscar pun pernah ia sabet lewat karya-karyanya.

Di balik popularitasnya ternyata ada banyak fakta menarik seputar profesinya. Berikut empat di antaranya.

1. Film pertamanya hanya memberi laba USD1

Movie-goers pasti tidak menyangka kalau ada salah satu film karya Spielberg hanya memberi laba USD1. ‘Fireflight’ yang ia produksi pada usia 16 tahun menghabiskan dana USD500, tetapi cuma menghasilkan laba sebesar USD1.

Film ini ditonton 500 orang di Phoenix Little Theatre di Arizona. Kalau dihitung-hitung, berarti tiket masuknya saat itu hanya sekitar USD1 dan ada satu tamu yang membayar dobel sehingga Spielberg bisa mendapat untung USD1.

2. Membawa anjingnya main film

Pernah menghitung siapa aktor yang paling sering muncul dalam film karya Spielberg? Ini lucu. Ternyata bukan Tom Cruise, Richard Dreyfuss, Tom Hanks dan Harrison Ford yang frekuensi kemunculannya terbanyak. Tetapi anjing kesayangannya.

Anjing ras cocker spaniel, Elmer, miliknya pernah tampil dalam ‘The Sugarland Express’, ‘Close Encounters of the Third Kind’, ‘1941’, dan ‘Jaws’.

3. Ditolak sutradarai ‘James Bond’

Wah, siapa sangka sutradara sekelas Steven Spielberg pernah ditolak menyutradarai film ‘James Bond’. Penolakannya pun terjadi dua kali. Namun penolakan tersebut tidak menghentikannya untuk tetap menikmati film-film ‘Bond’.

Fakta ini terungkap dalam buku autobiografi Roger Moore, aktor yang tujuh kali memerankan sosok agen rahasia James Bond. Ditolak menyutradarai ‘James Bond’ juga memacunya membuat film yang lebih baik, yaitu ‘Indiana Jones’.

4. Tidak dibayar saat menggarap ‘Schindler’s List’

‘Schindler’s List’ adalah film hitam putih termahal yang pernah ada di pasaran. Namun ternyata Spielberg tidak dibayar sepeser pun saat menggarap film ini. Rupanya, ia memang menolak dibayar karena jika mendapat bayaran dari film ini sama halnya dengan menerima ‘uang darah’.

Film ini sempat dilarang beredar di Indonesia karena menampilkan kekejaman. Banyak adegan yang pembunuhan yang membuat banjir darah. Untungnya film ini dibuat hitam putih sehingga merahnya darah tidak tampak jelas.

Dari empat fakta tersebut, nomor berapa yang paling membuat Anda terkejut? (*)

Baca juga fakta lain tentang Steven Spielberg pada artikel ini.

#Steven Spielberg #Film #Sutradara
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan