4 Fakta Menarik Perempat Final Piala Dunia 2018 Inggris v Belgia. Foto: Official FIFA

MerahPutih.com - Piala Dunia 2018 akan segera memasuki perempat final. Menjelang fase tersebut, terdapat sejumlah fakta menarik, termasuk melibatkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Banyak kejutan terjadi pada Piala Dunia 2018, tim-tim besar berguguran bahkan sebelum turnamen dimulai. Italia dan Belanda menjadi korban karena gagal lolos ke Rusia.

Selain itu, terdapat dua negara yang melakukan debut untuk pertama kali di Piala Dunia pada 2018. Kedua negara tersebut adalah Islandia dan Panama.

Brasil v Meksiko. Foto: Official FIFA

Pada ajang itu, satu per satu negara-negara unggulan berguguran. Mulai dari Jerman, Argentina, hingga Portugal harus tersingkir dari ajang tersebut.

Hasilnya, kini Piala Dunia 2018 tinggal menyisakan Uruguay, Prancis, Brasil, Belgia, Rusia, Kroasia, Swedia, dan Inggris. Sejumlah fakta menarik pun menghiasi ajang tersebut.

Berikut ini adalah Empat fakta menarik menjelang perempat final Piala Dunia 2018:

Tanpa Messi dan Ronaldo

Argentina takluk dramatis dengan skor 3-4 dari Prancis pada 16 besar Piala Dunia 2018. Hasil tersebut membuat Messi harus pulang lebih awal pada Piala Dunia keempatnya.

Sementara itu, Ronaldo dan Portugal mengakui keunggulan Uruguay pada fase yang sama. Dua gol Edinson Cavani hanya mampu dibalas satu gol Pepe.

Sejak Messi dan Ronaldo melakukan debut pada Piala Dunia 2006, pertama kalinya satu dari mereka gagal lolos ke perempat final. Dalam tiga edisi terakhir, minimal satu dari mereka melaju ke babak delapan besar.

Pada edisi 2006, keduanya sama-sama lolos ke perempat final meski langsung kandas. Sementara itu Messi memimpin Argentina ke babak delapan besar dalam dua edisi selanjutnya.

Jerman Absen

Timnas Jerman. Foto: Zimbio

Sementara itu, kegagalan Jerman lolos dari fase grup membuat mereka absen dari perempat final untuk kali pertama. Sejak perempat final dikenalkan pada 1986, Jerman selalu minimal lolos ke fase tersebut.

Padahal, sejak 2002, minimal Jerman selalu lolos hingga semifinal. Selain itu, mereka berstatus sebagai juara bertahan karena mengangkat trofi empat tahun silam.

Lewati Jumlah Gol di Afrika Selatan

Foto: FIFA

Hingga 16 besar, terdapat 146 gol tercipta pada Piala Dunia 2018. Artinya, dalam setiap pertandingan 2,61 bola yang bersarang di gawang.

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan. Pada turnamen tersebut, hanya 145 gol tercipta hingga turnamen selesai.

Apabila dibandingkan dari jumlah rataan gol, jumlah itu hanya kalah dari Prancis 1998 dan Brasil 2014 (2,67) sejak Piala Dunia disertai 32 peserta. Namun, patut dicatat Piala Dunia 2018 baru mencapai perempat final.

Adu Penalti Terbanyak

Pada 16 besar Piala Dunia 2018, terdapat tiga pertandingan yang berakhir dengan adu penalti. Jumlah itu merupakan yang paling banyak pada fase tersebut sepanjang sejarah Piala Dunia.

Sejak babak 16 besar diperkenalkan pada 1986, jumlah adu penalti terbanyak sebelumnya hanya dua. Tercipta pada Piala Dunia 2014 di Brasil.

Pada Piala Dunia 2018, ketiga laga yang berakhir dengan adu penalti pada 16 besar adalah Spanyol kontra Rusia, Kroasia melawan Denmark, serta Kolombia dan Inggris. (*/Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH