4 Fakta Gaya Bertransaksi Generasi Milenial Indonesia Gaya bertransaksi generasi milenial. (Foto: Pixabay)

ISTILAH milenial tengah naik daun. Generasi ini juga menarik untuk dicermati gaya hidupnya. Jadi enggak heran kalau riset tentang gaya hidup mereka terus bermunculan.

Seperti riset yang dilakukan Brilio.net dan JakPat Mobile Survey ini. Mereka menemukan sejumlah fakta dari hasil riset terhadap gaya bertransaksi 1.021 milenial berusia 21 hingga 37 tahun di 34 kota besar di Tanah Air. Mau tahu faktanya? Ini jawabannya.

1. Suka transaksi nontunai

Gaya transaksi nontunai
Transaksi nontunai. (Foto: reflects.co.za)

Yup, 50 persen generasi milenial ternyata lebih suka melakukan pembayaran secara nontunai. Sisanya, 33 persen, gemar berbelanja menggunakan uang elektronik, lalu 17 persen pakai kartu kredit.

Kalau Anda, lebih senang bayar pakai apa guys?

2. Milenial butuh kartu kredit

kartu kredit
Kartu kredit. (Foto: Pixabay)

Ini unik. Walaupun generasi milenial yang senang berbelanja pakai kartu kredit hanya 17 persen, mereka ternyata mengaku tetap membutuhkan kartu kredit. Sekitar 478 responden memiliki kartu kredit.

Kartu kredit kebanyakan digunakan untuk membeli produk elektronik, makanan, minuman, perjalanan wisata, dan produk fesyen.

3. Memanfaatkan kartu kredit untuk berhemat

Diskon
Program diskon. (Foto: Pixabay)

Sederet alasan mengapa generasi milenial mau memakai kartu kredit ialah adanya diskon, cashback, program cicilan bagi pemilik kartu kredit. Selain itu, kartu kredit juga bisa jadi cadangan untuk keadaan darurat, kepraktisan karena tidak perlu memegang uang tunai serta status sosial.

Milenial cerdas memanfaatkan kartu kredit. Mereka biasanya memanfaatkan diskon bagi pemilik kartu kredit. Hemat ala milenial ini boleh juga ditiru, guys!

4. Bijak memakai kartu kredit

kalendar
Membayar kartu kredit tepat waktu. (Foto: Pixabay)

Generasi milenial ternyata bijak dalam memakai kartu kredit. Sekitar 55 persen responden mengaku tidak pernah memakai kartu kredit hingga batas maksimal. Kebanyakan milenial juga membayar tagihan sesuai nominal dan tidak pernah melewati tanggal jatuh tempo.

Bijak memakai kartu kredit terlihat pula dari limit maksimal kartu kredit dan jumlah rata-rata tagihan kartu kredit yang dimiliki. Anda termasuk yang bijak atau tidak? hayo ngaku!

Nah milenial, apakah Anda juga telah memiliki gaya hidup bertransaksi seperti kebanyakan milenial di Indonesia? Bijak berkartu kredit juga boleh ditiru lo. (*)

Baca pesan Nurul Arifin bagi generasi milenial pada artikel Harapan Nurul Arifin untuk Generasi Milenial Jelang Pilkada 2018.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH