K-Drama
4 Drama Korea ini Menampilkan Karakter Perempuan Tangguh IU pernah jadi perempuan tangguh dalam K-Drama. (Foto: Instagram/iu_holic_)

KARAKTER perempuan di drama Korea biasanya hanya menjadi pendukung cerita pemeran utama pria. Mereka umumnya digambarkan sebagai sosok yang lemah lembut dan memerlukan bantuan dari para pemain pria untuk melindungi mereka.

Sebaliknya, sosok karakter pria biasanya digambarkan lebih tangguh. Karakterisasi perempuan di sebagian besar drama Korea memang digambarkan seperti demikian, dan penonton memiliki pandangan bahwa perempuan lebih cocok tampil sebagai sosok yang lebih lemah lembut.

Baca juga:

Terjerat Kontroversi, Kim Seon-ho Masuk Rumah Sakit

Namun seiring berjalannya waktu, pandangan itu telah berubah dan drama Korea mulai memberikan banyak karakter perempuan yang benar-benar memiliki sifat unik, tangguh, kuat, serta cerdas.

Ini menjadi bukti bahwa tidak ada yang bisa menghalangi kecerdasan atau masa depan perempuan dalam hal apapun. Berikut adalah beberapa K-Drama dengan karakter perempuan tangguh, seperti dilansir laman Soompi.

Doctors (2016)

Yoo Hye Jung yang diperankan Park Shin Hye memiliki profesi yang sangat keren. Ia adalah seorang ahli bedah saraf, tetapi bukan berarti dia adalah seorang kutu buku. Tumbuh dalam keadaan yang kurang ideal, tidak heran jika dia memang menjadi agak nakal di masa remajanya.

Meskipun begitu, Hye Jung adalah sosok yang cerdas hingga dapat memasuki dunia kedokteran dan berhasil menjadi ahli bedah saraf yang dihormati serta menemukan pekerjaan di salah satu rumah sakit paling bergengsi di Korea.

Karakternya dalam film ini tidak hanya digambarkan sebagai sosok dokter yang baik hati, tetapi ia juga mampu menghadapi sekumpulan gangster yang mengacau di rumah sakitnya seorang diri, tanpa memerlukan bantuan para penjaga keamanan.

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2017)

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo adalah salah satu drama Korea paling unik. Menceritakan kehidupan Kim Bok Joo sebagai perempuan yang menekuni kehidupannya sebagai seorang atlet angkat besi.

Angkat besi sebagai profesi atau olahraga secara tradisional membangkitkan kesan maskulinitas, penonton dapat melihat hal itu dalam diri Kim Bok Joo yang diperankan oleh Lee Sung Kyung.

Drama ini mengubah persepsi standar kecantikan secara umum. Sepanjang drama, Kim Bok Joo menyadari bahwa ia bisa unggul dalam dunia angkat besi sekaligus merangkul feminitasnya yang cantik. Ia menerima dirinya sendiri tanpa perlu secara terang-terangan mengubah diri untuk dicintai.

Dalam drama ini Kim Bok Joo digambarkan sebagai sosok perempuan tangguh yang terus berusaha menaikan berat badannya untuk keperluan mengikuti lomba angkat besi.

Baca juga:

K-Drama 'My Name' Berpotensi Saingi Kesuksesan 'Squid Game'

Fight For My Way (2017)

Tidak seperti kebanyakan perempuan lain dalam daftar ini yang memiliki karir bagus atau kuat, Choi Ae Ra yang diperankan oleh Kim Ji Won menampilkan keadaan hidup yang realistis. Ia bekerja di sebuah department store dan berjuang untuk mewujudkan impian seumur hidupnya untuk menjadi penyiar on-air.

Meskipun terus menghadapi tangtangan, Choi Ae Ra terus melangkah maju dengan keuletan, ketabahan, serta tidak membiarkan keadaan apapun untuk menahannya dalam mencapai mimpi. Ia juga menampilkan karakter mandiri dan menolak untuk hidup dibawah kendali laki-laki.

Hotel Del Luna (2019)

Hotel Del Luna bercerita tentang seorang perempuan yang tidak membutuhkan laki-laki untuk merawatnya. Jang Man Wol yang diperankan oleh Lee Ji Eun atau yang biasanya dikenal sebagai IU, menjadi perempuan yang bersifat dingin, pemarah dan tidak mempercayai cinta karena pengkhianatan seorang pria.

Setelah beribu tahun, ia dikutuk untuk hidup abadi dan menjadi pemilik hotel yang selalu berpakaian cantik dan hanya mementingkan keperluannya sendiri. Bahkan ketika Goo Chan Sung yang diperankan oleh Yeo Jin Goo datang, dia tidak mengubah dirinya dan malah mempertahankan kepribadiannya yang lancang, sarkastik, bahkan galak.

Kekuatannya juga terletak pada kemampuannya menerima sisi rentannya, untuk mengucapkan selamat tinggal pada masa lalu dan melepaskannya. Karena ia mengerti itulah satu-satunya cara baginya untuk menyambut masa depan yang berbeda. (Tel)

Baca juga:

'Moebius Project 2012: The Veil', Ketika Kawan Jadi Lawan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 Fatin Berkisah Tentang Harapan di Single 'Dalam Teduh'
ShowBiz
Fatin Berkisah Tentang Harapan di Single 'Dalam Teduh'

Fatin Shidqia Lubis atau yang lebih dikenal dengan Fatin, telah merilis single terbarunya yang berjudul 'Dalam Teduh'

Pesan Saling Bantu Sesama dari Fajar Merah melalui ‘Puisi Untuk Adik'
ShowBiz
Pesan Saling Bantu Sesama dari Fajar Merah melalui ‘Puisi Untuk Adik'

Menurut Fajar, sajak Puisi Untuk Adik mempresentasikan kesehariannya

Fakta Tingkat Literasi di Seluruh Dunia
Fun
Fakta Tingkat Literasi di Seluruh Dunia

Literasi memiliki posisi tertinggi pada satu negara.

Konyol, Dua Perempuan Muda Menyamar jadi Nenek agar dapat Vaksin COVID-19
Fun
Unik, Lipstik Setipis Kartu
Fashion
Unik, Lipstik Setipis Kartu

Terinspirasi dari cara perempuan Tiongkok mengaplikasikan riasan bibir ratusan tahun lalu.

Mahasiswa Harus Tetap Semangat Ikut KKN Selama Pandemi
Fun
Mahasiswa Harus Tetap Semangat Ikut KKN Selama Pandemi

Pandemi bukan halangan untuk mengikuti KKN.

Saka Bahari, Wadah Anggota Pramuka Belajar Kemaritiman
Hiburan & Gaya Hidup
Gordon Ramsay Dikritik karena Jual Fish and Chips Kemahalan
Fun
Gordon Ramsay Dikritik karena Jual Fish and Chips Kemahalan

Ada yang bilang harganya tak sesuai dengan porsinya.

Phubbing, Perilaku Mengabaikan Orang Karena Ponsel
Fun
Phubbing, Perilaku Mengabaikan Orang Karena Ponsel

Perilaku phubbing tersebut dianggap kasar, tidak sopan, menyinggung, hingga merusak kepercayaan orang lain yang bertemu dengannya.

Adidas YEEZY SLIDE Rilis Bentuk 'Core, Resin, Pure, dan Enfora'
Fashion
Adidas YEEZY SLIDE Rilis Bentuk 'Core, Resin, Pure, dan Enfora'

Hadir besutan anyar untuk alas kaki ciamik.