4 Ciri Orang yang Sedang Berbohong Menurut Ahli Gestur, Waspadai Orang Disekitarmu! Ciri-Ciri seseorang sedang berbohong padamu (Foto: Top 10s)

Bohong merupakan hal yang sering dan lumrah dilakukan oleh manusia. Meskipun ada sejuta alasan dibaliknya, namun kebohongan tetaplah kebohongan, dan sekarang para ahli telah memberitahu berbagai cara untuk mengetahui tanda-tanda ketidakjujuran.

Dilansir dari time.com, Traci Brown, ahli bahsa tubuh dan penulis buku How to Detect Lies, Fraud and Identity Theft: Field Guide mengatakan bahwa untuk mengidentifikasi kebohongan, kamu harus tahu dulu bagaimana tingkah seseorang ketika mereka berbicara jujur.

Perhatikan bagaimana respon seseorang ketika kamu bertanya pertanyaan dasar yang tidak mungkin orang akan berbohong ketika menjawabnya, seperti, "darimana kamu?". Perhatikan arah mata serta nada suaranya.

Menurut Dr. Lilian Glass, penulis buku The Body Language of Liars, ketika kamu sudah bisa mengetahui kebiasaannya ketika berkata jujur, perhatikanlah tindakan-tindakan mereka dalam empat kategori berbeda, antara lain pergerakan tubuh, ekspresi muka, nada suara, serta isi pembicaraan. Sudahkah kamu siap mengungkap siapa orang yang suka bohong disekitarmu?

1. Pergerakan tubuh

4 Ciri Orang yang Sedang Berbohong Menurut Ahli Gestur, Waspadai Orang Disekitarmu!
Perhatikan gerakan tubuh lawan bicaramu, bisa jadi mereka berbohong. (Foto: Mr Porter)

Pergerakan tubuh mengandung sejuta makna tentang apa yang kamu rasakan. Orang yang sedang berbohong cenderung menggerakkan tangannya lebih sering.

Pada tahun 2015, University of Michigan melakukan penelitian pada 120 video kasus pengadilan untuk memahami bagaimana orang berperilaku ketika berbohong dan bagaimana mereka bertingkah ketika mereka berbicara jujur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40% dari video para pembohong menggerakan kedua tangan mereka, dan hanya 20% dari yang berkata jujur menggerakan kedua tangannya. Kesimpulannya, pembohong cenderung menggerakan kedua tangannya ketika atau sebelum mereka berbicara.

Menurut Traci Brown yang telah berpartisipasi dalam program pelatihan FBI dan membantu berbagai investigasi mengaatakan bahwa otak mereka bekerja terlalu keras memikirkan hal bohong dan mencari tahu apakah oranglain percaya akan bualannya.

Ketika seseorang berbohong, mereka juga cenderung menjauhkan telapak tangannya dari kamu, yang menandakan bahwa mereka menahan informasi, emosi, atau bahkan berbohong. Biasanya mereka meletakkan tangan di kantong mereka atau menaruhnya dibawah meja.

2. Ekspresi wajah

4 Ciri Orang yang Sedang Berbohong Menurut Ahli Gestur, Waspadai Orang Disekitarmu!
Kenali pembohong dari wajahnya (Foto: The Emotional Intelligence Academy)

Jika seseorang berbohong, pengetahuan umum mengatakan bahwa biasanya orang-orang akan memalingkan mata mereka.

Meskipun begitu, penelitian tahun 2015 memberikan kesimpulan bahwa orang yang berbohong cenderung untuk menatap orang yang dibohonginya, dibuktikan dengan 70% para pembohong dari berbagai klip pengadilan orang yang tidak jujur.

Mengenai menatap atau memalingkan mata tentunya masih diperdebatkan para ahli, karena berkata jujur juga bisa dinilai dari tatapan mata seseorang.

Baca juga:

Berbohong enggak Cukup Sekali, ini Alasannya

Terjebak dalam Rangkaian Cerita Bohong, ini Kata Psikolog

Bagian mulut juga bisa memberikan sinyal seseorang berbohong apa tidak. Brown mengatakan bahwa jika seseorang menggulung bibir mereka sampai tidak terlihat, biasanya orang tersebut cenderung berbohong. Brown menjelaskan bahwa itu bisa menjadi cara seseorang menahan emosi atau suatu fakta.

3. Nada suara

4 Ciri Orang yang Sedang Berbohong Menurut Ahli Gestur, Waspadai Orang Disekitarmu!
Pembohong cenderung memiliki suara bernada tinggi ketika berbohong. (Foto: Public Words)

Suara nada tinggi biasanya mengindikasikan bahwa seseorang sedang gugup.Biasanya kamu juga akan menyadari bahwa suara orang akan terpecah dan gagap.

Menelan ludah juga menjadi indikasi bahwa seseorang sedang berbohong. Tiba-tiba menaikkan nada suara juga biasanya digunakan untuk membela diri dan berbohong.

4. Isi pembicaraan

4 Ciri Orang yang Sedang Berbohong Menurut Ahli Gestur, Waspadai Orang Disekitarmu!
Tanda ini tidak akurat 100% (Foto: The Psychologist British Psychological Society)

Ungkapan kata seperti "aku ingin jujur kepadamu' dan "sejujurnya" bisa menjadi tanda bahwa seseorang terlalu keras mencoba meyakinkanmu bahwa kamu berkta jujur.

Orang yang suka tersendat-sendat ketika berbicara dengan mengatakan "uh.." atau "hm.." juga cenderung tanda mereka berbohong untuk bisa berpikir tentang kebohongan apa yang mau mereka buat.

Meskipun begitu, beberapa tanda ini tidaklah seratus persen bisa diandalkan karena gerakan tubuh dapat dipengaruhi dengan berbagai faktor dan mengandung sejuta misteri yang masih terus diteliti oleh para ahli. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH