4 Cawapres Terkuat Jokowi Versi Relawan, Ada 2 Jenderal Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Setpres

MerahPutih.com - Relawan Nasional 212 Jokowi Presiden Republik Indonesia (Renas 212 JPRI) menyatakan telah mengerucutkan empat nama bakal calon wakil presiden untuk diusulkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Melalui pembahasan internal, Renas 212 JPRI bersama koordinator daerah dari seluruh Indonesia mengerucutkan empat nama dari 11 nama tokoh Islam dan militer yang pernah diusulkan oleh Renas 212 kepada Presiden Jokowi pada 10 Mei 2018 lalu," kata Sekjen Renas 212 JPRI Adnan Rarasina dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (11/7).

Adnan Rarasina mengatakan empat nama itu dikaji secara serius dan diperhitungkan Renas 212 dari sisi kapabilitas dan kemampuannya mendampingi Presiden Jokowi berdasarkan situasi politik nasional saat ini.

Menurut Adnan, empat nama itu adalah Budi Gunawan selaku Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), tokoh NU Mahfud MD, Gubernur NTB TGB Zainul Majdi dan satu tokoh militer yang saat ini menjadi Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) TNI Moeldoko. "Empat nama ini masing-masing memiliki kelebihan tersendiri," ujar Adnan, dikutip Antara.

Kepala BIN bersama Ulama dan Takmir Masjid
Kepala BIN bersama para ulama dan takmir masjid di Jawa Tengah (Foto: Ist)

Budi Gunawan dianggapp unggul dalam penanganan konflik dan keamanan di saat Indonesia sedang giat membangun perekonomian melalui pembangunan infrastruktur nasional. Sementara Mahfud MD tokoh kultural NU yang juga pakar hukum tata negara diperlukan agar proses bernegara tetap pada tujuan awal berdirinya NKRI.

Sedangkan TGB dinilai merupakan kepala daerah yang sukses memimpin NTB, serta seorang ulama hafidz Qur'an yang terbukti mampu membangun pariwisata NTB mendunia. Kemudian Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dipandang memiliki penguasaan pada persoalan teritorial, pertahanan serta model perang asimetris yang menjadi tren untuk menguasai ekonomi dunia saat ini.

"Masing-masing keunggulan cawapres ini dibutuhkan Presiden Jokowi di periode kedua," tutup Adnan. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH