4 Cara Tetap Konsisten dan Serius Kuliah sampai Wisuda Banyak hal membuat para mahasiswa tingkat akhir menyerah tinggalkan kampus. (Foto: Pixabay/ptksgc)

AWAL tahun perkuliahan mahasiswa biasanya lebih bersemangat. Segala tugas yang diberikan akan dituruti dan dikerjakan secepat mungkin. Nah, Bagaimana jika sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir?

Faktanya, banyak mahasiswa yang meninggalkan kampus dan tidak melanjutkan kuliah. Rasa bosan, dan jenuh bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya, intip empat cara agar tetap konsisten dan serius dalam perkuliahan.

1. Pilih teman yang pintar agar termotivasi

Pilih teman pintar agar termotifasi belajar. (Foto: Pixabay/(Foto: Pixabay/LeeJeongSoo)
Pilih teman pintar agar termotifasi belajar. (Foto: Pixabay/(Foto: Pixabay/LeeJeongSoo)

Mencari teman di awal semester bukan hal yang salah. Justru pada kesempatan ini kamu mencari jaringan sosial yang berkualitas. Setidaknya pengaruh dari temanmu yang super rajin dan pintar akan mendorongmu untuk semangat belajar. Teman yang baik akan memaksamu untuk cepat-cepat menyelesaikan kuliah. Mereka tidak suka menyia-yiakan waktu yang dianggap tidak penting.


2. Mengikuti ekstrakulikuler

Trivia2_ Mengikuti Ekstrakulikuler sesuai passion kamu_ foto by instagram ultimasonora
Mengikuti ekstrakulikuler sesuai passion kamu. (Foto: instagram.com/ultimasonora)

Biasanya mahasiwa bukan hanya dituntut untuk aktif di kelas dan mengerjakan tugas, tapi juga untuk mengikuti ekstrakulikuler yang disediakan kampus. Hal ini pastinya menarik perhatian mahasiwa untuk mengembangkan bakat mereka. Eits hati-hati, kebanyakan mengikuti ekstrakulikuler bisa mengakibatkan tugas, dan ketinggalan pemebelajaran loh. Jadi pilih satu yang sekiranya sesuai dengan bakat kamu.

3. Berteman dengan senior tingkat akhir yang sedang skripsian

Trivia3_ berteman denagn senior tingkat akhir_ foto by pixabay ( sasint)
Berteman denagn senior tingkat akhir bisa memotivasi pekerjaan semester akhir. (Foto: Pixabay/sasint)

Sesekali duduklah dengan kakak kelas untuk saling bertukar pikiran. Biasanya kakak kelas akan senang hati membagi ilmu dan wawasannya. Mereka akan memberimu gambaran tentang suka duka dalam mengerjakan skripsi. Dan, itu bisa menjadi pembelajaran kamu saat kamu menduduki tingkat akhir dan juga memicumu lebih semangat untuk segera menyusun skripsi.


4. Jadikan perpus tempat favoritmu

Jadikan perpus jadi tempat favorit kamu. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Jadikan perpus jadi tempat favorit kamu. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Bisa dalam hitungan jari mahasiwa yang menyentuh perpustakan. Mahasiswa cenderung memilih bolos kelas dan mengunjugi kantin ketimbang pergi ke perpustakan untuk melihat buku-buku yang direkomendasi oleh dosen. Banyak buku-buku menarik di luar materi kuliah yang bisa menjadi inspirasi baru.

Menjaga konsistensi memang tidak mudah, apalagi bisa serius belajar di pertengahan dan akhir semester. Bentuklah kebiasaan baik dari awal semester sehingga nantinya kamu terbiasa mengikuti target kuliah sampai wisuda. (Kiell)

Baca Juga:


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH