4 Cara Mudah untuk Mengenal Dirimu

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 09 Maret 2020
4 Cara Mudah untuk Mengenal Dirimu
Cara mengenal dirimu sendiri lebih baik dari sebelumnya (Foto: pexels/Nandhu Kumar)

PERNAHKAH kamu berusaha untuk menjadikan dirimu lebih baik dibandingkan sebelumnya? Apapun yang kamu lakukan bisa saja menjadi baik atau buruk di mata orang lain. Kamu bisa capek sendiri kalau cuma mengikuti omongan orang.

Namun, kamu tidak boleh terlalu percaya atau termakan omongan orang lain agar kamu bisa lebih bahagia. Karena kamulah yang tahu seperti apa diri kamu sebenarnya. Dilansir dari finerminds.com, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenal dirimu:

Baca juga:

Punya Banyak Masalah? Curhatlah di Buku Diary

1. Jurnal

Buatlah jurnal untuk mencatat apa yang kamu lalui (Foto:pexels/Negative Space)

Menulis jurnal bisa membantu kita lebih mengenal apa yang baik dan buruk dalam diri kamu. Entah itu kamu bercerita kegiatan sehari-hari atau bisa juga menuliskan kejadian baik buruk yang kamu lewati di hari itu. Menulis jurnal akan membuat kamu lega.

2. Meditasi

Lakukan Meditasi agar kamu lebih mengerti dirimu (Foto:pexels/Maik Kleinert)

Luangkan waktu di pagi hari sekitar 15-20 menit untuk mediasi. Fokuslah pada dirimu sendiri melalui latihan pernapasanmu dengan kegiatan ini. Tenang dan pahami hal-hal atau ide baru yang muncul dalam pikiranmu ketika kamu sedang tenang.

Baca juga:

Merantau Janjikan Pengalaman Hidup yang Berharga

3. Lakukan percakapan yang serius

Pembicaraan yang serius bisa membantumu juga untuk mengenali lingkungan (Foto:pexels/Jopwell)

Hubungan yang sehat juga bisa membantu kamu lebih mengenal dirimu sendiri. Kurangi basa-basi karena perbincangan itu tidak bisa membantumu lebih mengerti dan mengenal dirimu. Perbincangan serius dengan teman atau keluarga akan membawa kamu lebih mengerti keunikan orang lain.

4. Coba kegiatan kreatif

Lakukan hal kreatif agar kamu lebih mengerti hal-hal diluar kebiasaan (Foto: pexels/Ovan)

Cobalah kegiatan diluar dari kebiasaanmu sehari-hari. Kamu akan terkejut dengan apa yang bisa kamu pahami dari dirimu sendiri. Bisa saja mencoba kegiatan seperti menari, menyanyi, atau hal lain yang bisa membuatmu mengetahui lebih jauh tentang dirimu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk lebih mengenal dirimu sendiri dibanding sebelumnya. Jangan sampai kamu kehilangan dirimu sendiri karena tidak mengerti apa yang ada dalam dirimu. (lio)

Baca juga:

Jangan Malu Sobat Ambyar, Ternyata Menangis Memiliki Banyak Manfaat!

#Jati Diri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan