Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Bisa Ambil Kerja Tambahan Ini Banyak peluang yang bisa diperoleh untuk mendapatkan tamabahan uang. (Foto: Pexels/Startup Stock Photos)

BELAJAR di luar negeri merupakan impian setiap pelajar. Tak banyak dari para pelajar bisa mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi dunia. Belajar lebih banyak tentang budaya yang berbeda dan bertemu orang-orang dari berbagai latar belakang.

Tetapi kendala yang dihadapi pelajar, yang ingin belajar ke luar negeri adalah biaya kuliah dan biaya hidup yang tinggi. Semua ini bisa saja diakali dengan berbagai cara dan tips. Hal paling penting jika kamu ingin belajar di luar negeri adalah niat. Bulatkan niat, berusaha semaksimal mungkin, dan berdoa.


Baca Juga:

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Sekolah di Luar Negeri

Jadi bagaimana mungkin seorang mahasiswa dengan anggaran terbatas mampu belajar di luar negeri. Kemudian menikmati semua pengalaman yang ada. Jangan khawatir ada banyak peluang mencari uang, seperti dilansir dari wisebread.com

1. Penterjemah

buku
Jadi penterjemah bisa jadi yang paling mudah. (Foto: Pexels/freestocks.org)

Jika kamu lancar dalam bahasa resmi negara dimana tinggal, hal ini bisa menjadi cara yang tepat untuk menghasilkan uang, dan melatih keterampilan bahasa asing kamu. Kemampuan menterjemahkan bahasa asing ke bahasa ibu ajan sangat menolong rekan-rekan senegara kamu. Atau menterjemahkan dari bahas setempat ke bahasa Inggris. Cukup dengan mempromosikan diri kamu lewat selebaran dan edarkan di kampus atau komunitas senegara.


2. Pemandu Wisata

luar negeri
Sesuaikan diri dengan kemampuan dalam bidang yang kamu tahu. (Foto: Pexels/mentatdgt)

Hal pertama yang di lakukan adalah menghubungi dewan pariwisata setempat untuk mencari tahu apakah ada kebutuhan untuk pemandu wisata dalam bahasa Inggris.

Kamu juga bisa menjadi pemandu sesuai dengan bidang kamu. Sebagai contoh kalau kamu belajar di bidang seni, bisa jadi pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kamu adalah menjadi pemadu pada museum ternama di negara kamu tinggal.


Baca Juga:

Tiga Hal Ini Hanya Didapat Oleh Para Pelajar Indonesia Yang Sekolah di Luar Negeri


3. Bekerja di Coffee Shop

luar negeri
Bekerja di coffee shop bisa jadi peluang mendapatkan uang tambahan. (Foto: Pexels/Janko Ferlic)

Para pendatang atau pelajar yang sedang berkelana ke negeri orang, biasanya mempelajari terlebih dahulu cara memasak dan membuat kopi. Dari hanya sekedar membuat kopi, kamu bisa mencari pekerjaan yang berhubungan dengan kopi. Tak hanya itu biasanya bar atau pub juga membutuhkan orang untuk sekedar menuangkan minuman ke dalam gelas.

Namun jika kamu ingin mencari tambahan uang dengan bekerja, maka sebaiknya perhatikan legalitas visa kamu. Jangan sampai kena masalah.

4. Bekerja di Hotel

kerja
Kerja di hotel bisa juga loh! (Foto: Pexels/KML)

Jika Anda fasih dalam bahasa Inggris tak ada salahnya mencoba melamar ke hotel. Biasanya pihak hotel akan menempatkan kamu di bagian depan sebagai penerima tamu. kalau bagus dapat berlanjut ke bagian dapur. Meskipun terkesan berat tapi layak untuk dijalankan. Kanu dapat upah dari pekerjaan ini. (iel)

Baca juga:

Tak Mudah Bersekolah ke Luar Negeri, Nih yang harus Dipersiapkan!



Paksi Suryo Raharjo