Harbolnas 2020

4 Cara Menahan Diri dari Godaan Diskon Harbolnas 12.12

annehsannehs - Kamis, 10 Desember 2020
4 Cara Menahan Diri dari Godaan Diskon Harbolnas 12.12
Jangan kalap belanja di Harbolnas. (Foto Unsplash/@justinlim)

HARBOLNAS alias Hari Belanja Online Nasional yang diselenggarakan pada 12.12 berpotensi membuat kita kalap. Apalagi waktunya yang berdekatan dengan akhir tahun.

Biar kamu enggak jor-joran belanja, yuk tahan jiwa belanjamu yang meronta-ronta dengan empat tips di bawah ini:

Baca juga:

Menonton TV Terbukti Menjadi Bibit Konsumerisme Bagi Anak-Anak

1. Jangan tergiur pay later

Jangan mudah tergiur Pay Later. (Foto PYMNTS.com)
Jangan mudah tergiur Pay Later. (Foto: PYMNTS.com)

Segelintir e-commerce ternama biasanya menghadirkan fitur pay later yang menggiurkan bagi kaum konsumerisme, alias kamu kamu yang hobinya kena racun produk yang diiklankan oleh para seleb Instagram dan TikTok.

Walau uang pinjaman yang diberikan nominalnya besar, jangan terlalu tergiur ya gaes! Kamu enggak mau kan gaji kamu tiap akhir bulan hanya numpang lewat doang? Sebelum berbelanja, perhitungkan dulu baik-baik pemasukan dan pengeluaran agar kamu tidak tekor di akhir bulan.

Baca juga:

12.12 Jangan Kalap Belanja karena Harga Rendah

2. Pastikan diskon yang hadir cuma berlaku saat 12.12

Benarkah diskon hanya berlaku saat 12.12? (Foto Unsplash/ @belart84)
Benarkah diskon hanya berlaku saat 12.12? (Foto: Unsplash/belart84)

Biasanya, kata-kata seperti "diskon hari terakhir", atau "PROMO KHUSUS HARBOLNAS!!" ditambah dengan tanda seru banyak, capslock serta emoticon api, mampu membuatmu jadi terburu-buru untuk belanja. Soalnya kamu enggak mau kelewatan smart deal. Padahal, tanpa Harbolnas pun barang tersebut juga diskon.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini. Tergoda beli set lipstik merek ternama yang ngakunya 60 persen hanya saat 11.11 kemarin. Ternyata masih diskon sampai sekarang. Nah, jangan sampai kamu ketipu juga ya.

3. Want vs. need

Cari tahu harga pasaran. (Foto Unsplash/ @frenchieeye)
Cari tahu harga pasaran. (Foto: Unsplash/frenchieeye)

Di tengah pandemi, semua aspek menjadi tidak stabil. Mulai dari percintaan, pekerjaan, apalagi keuangan. Sebaiknya, tinjau dulu fungsi barang-barang yang akan kamu beli sebelum dimasukkan ke dalam keranjang e-commerce.

Apakah kamu benar-benar membutuhkannya, atau hanya lapar mata aja sih? Sebaiknya, ketatkan ikat pinggang dan kurangi kebiasaan konsumtif. Usahakan untuk membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan saja.

4. Ketahui harga pasaran produk

Jangan kalap. (Foto Unsplash/@justinlim)
Jangan kalap. (Foto: Unsplash/justinlim)

Kadang, ada produk yang harganya dinaikkan dulu sebelum diberikan diskon, sehingga jatuhnya sama-sama saja. Untuk menghindari trik penjual yang satu ini, kamu harus bisa menjadi smart buyer. Ketahui harga pasaran produk yang ingin kamu beli. Bandingkan dengan harga yang ditawarkan saat Harbolnas. (shn)

Baca juga:

Jangan Mengulang Kekecewaan 4 Orang ini saat Belanja Online 12.12 Nanti

#Fashion #Breaking #HarBolnas #Gaya Hidup #OnlineShop
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan