4 Cara Membantu Teman atau Saudara yang Sedang Depresi Cara Membantu Teman atau Saudara yang sedang Depresi (Foto ciricara.com)

DEPRESI bukanlah hanya kesedihan sesaat, tetapi sebuah gangguan kejiwaan yang butuh penanganan khusus. Bagaimana kalau salah satu kerabat atau teman mengalami hal tersebut? Tidak semua orang tahu bagaimana cara menghadapinya.

Ketidaktahuan tersebut membuatnya merasa sendirian dan tidak mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat. Hal yang lebih sulit adalah orang yang depresi tidak selalu menunjukkannya secara terbuka kalau dia sedang depresi, bahkan terlihat seperti orang normal di depat banyak orang.

Bagaimanapun caranya kamu harus mencoba untuk mendukung mereka. Dikutip dari health.com, Asisten Profesor Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Jackie Gollan mengatakan, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membuatnya lebih baik, tetapi perawatan medis adalah apa yang benar-benar mereka butuhkan untuk memulihkan diri.

Berikut adalah hal yang perlu kamu lakukan untuk membantu teman atau kerabat yang sedang depresi yang dilansir dari health.com:

1. Mencari tahu tentang depresi

4 Cara Membantu Teman atau Saudara yang Sedang Depresi
Mencari tahu tentang depresi (foto: pexels/stokpic)

Sebelumnya kamu harus mencari tahu tentang masalah depresi untuk membantu kamu mengetahui apa yang sedang dialami oleh orang terdekat kamu. Memperalajari tentang depresi untuk membantu kamu memikirkan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika menghadapi teman yang depresi.

Kamu bisa mencarinya di internet atau buku-buku yang khusus membahas masalah depresi. Dengan membaca referensi tersebut, kamu jadi tahu apa itu depresi, cara mengatasinya, bahkan jenis-jenis perawatannya.

2. Berbicara tentang hal itu

4 Cara Membantu Teman atau Saudara yang Sedang Depresi
Tetap bersedia mendengarkan keluh kesahnya dan memberinya dukungan yang terbaik (foto: Hellosehat.com)


Biarkan dia tahu kalau kamu dan temannya yang lain peduli tentangnya dan akan bersedia untuk memberikan dukungan. Jika dia ingin bercerita tentang perasaan dan masalahnya, kamu harus mendengarkan dan memahaminya.

Jika terdekat kamu mengalami trauma masa lalu, atau depresi karena beberapa fase seperti remaja yang baru melahirkan.

Bahkan jika keadaannya sulit baginya secara emosional karena perceraian, perceraian, kehilangan pekerjaan, kematian dalam keluarga, atau stres serius lainnya, bersiaplah untuk turun tangan untuk membantu.

3. Tetap melakukan komunikasi

4 Cara Membantu Teman atau Saudara yang Sedang Depresi
Jangan pernah tidak menanyakan kabarnya (foto: pexels/Pixabay)


Menelepon, mengirim pesan, kalau perlu mengunjungi orang itu atau ajak bergabung dengan kamu saat melakukan kegiatan. Orang yang depresi bisa menjadi penyendiri karena mereka tidak ingin 'mengganggu' orang lain.

Kamu harus bekerja keras untuk mengajak mereka. Sebagus atau semenarik apapun ajakanmu, ada saja alasan dari orang tersebut untuk tidak ikut.

Walaupun tidak bisa ikut, jangan pernah bosan untuk menanyakan keadaannya, karena dia tetap memerlukan dukungan dari orang terdekatnya.

4. Bujuk untuk kedokter dan aktif dalam perawatannya

4 Cara Membantu Teman atau Saudara yang Sedang Depresi
Tetap cari pertolongan untuknya (Foto hellosehat.com)


Bujuk teman atau keluargamu yang sedang depresi untuk mengunjungi dokter atau psikolog. Sebelum membujuknya, kamu mencari tempat khusus untuk mereka berobat. Walaupun membujukan memerlukan tenaga ekstra, kamu tetap harus melakukannya.

Kalau sudah berhasil membujuk, dan diberikan obat oleh dokter, kamu juga harus memperhatikannya apakah dia sudah minum obat atau belum. Ikut juga berpartisi pasi dalam terapi kognitif untuk depresi. Kamu harus tetap mendukung perawatannya.

Jadi tetaplah di sisi mereka jika mereka membutuhkan. Dengan melakukan hal tersebut kamu bisa menyelamatkan mereka. (sel)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH