4 Cara Melepaskan Diri dari Good Girl Syndrome

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 28 Februari 2021
4 Cara Melepaskan Diri dari Good Girl Syndrome
Menjadi baik kadang sering disalahgunakan. (Foto: UnsplashDESIGNCOLOGIST)

MENJADI sosok yang baik kadang bisa berdampak buruk bagi diri sendiri. Rasa enggak enakan sama orang lain justru terkesan memaksa sehingga kita tidak memikirkan perasaan kita sendiri. Bila semuanya mulai terasa seperti beban, ini mungkin pertanda kamu mengalami good girl syndrome.

Dinamakan good girl syndrome karena sikap ini memang umum dialmai oleh perempyan. Anak perempuan cenderung lebih cepat dewasa secara emosional sehingga lebih serius menanamkan nasihat orang tua untuk menjadi anak baik. Mengutip laman Alodokter, simak empat cara yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari good girl syndrome.

Baca juga:

Mengenal Queen Bee Syndrome dan Cara Mencegahnya

1. Bersikap asertif

4 Cara Melepaskan Diri dari Good Girl Syndrome
Tegas tapi tidak menyakiti perasaan orang lain. (Foto: Unsplash/Brooke Cagle)

Sikap asertif adalah kemampuan berkomunikasi dengan cara yang tegas dan jujur, tapi tidak menyakiti perasaan orang lain. Dengan sikap ini, kamu akan lebih dihargai dan tidak terus dimanfaatkan oleh orang lain. Cobalah untuk berani menyampaikan pendapatmu. Katakan tidak jika kamu diminta untuk melakukan hal yang bisa merugikan dirimu. Kamu berhak menolak dan berikan alasan yang bijak mengapa kamu tidak mau melakukannya.

2. Hindari merasa bersalah

4 Cara Melepaskan Diri dari Good Girl Syndrome
Jangan terlalu sering merasa bersalah. (Foto: Unsplash/Vera Gorbunova)

Seringkali ketika kita menolak tawaran orang lain, kita merasa bersalah. Ingat, hidupmu bukan hanya untuk menyenangkan orang lain. Jadi, selagi kamu memiliki alasan yang jujur dan masuk akal, tidak perlu merasa bersalah, apalagi sampai menyalahkan diri sendiri, ya.

3. Bangun rasa percaya diri

4 Cara Melepaskan Diri dari Good Girl Syndrome
Lakukan hal yang kamu suka. (Foto: Unsplash/Genessa Panainte)

Daripada kamu terus membahagiakan orang lain, lebih baik asah kemampuann agar lebih percaya diri. Pelajarilah keterampilan baru atau geluti hobi baru yang selama ini ingin kamu coba, misalnya bernyanyi, bermain musik, fotografi, atau memasak.

Dengan melakukan hal-hal yang kamu suka, kamu akan lebih fokus pada kelebihan daripada kekuranganmu. Rasa percaya diri juga semakin meningkat dan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga:

Jangan Remehkan Good Girl Syndrome

4. Cintai diri sendiri

4 Cara Melepaskan Diri dari Good Girl Syndrome
Cintai dirimu sendiri. (Foto: Unsplash/freestocks)

Ketika berhasil mencintai diri sendiri, kamu akan merasa lebih bahagia dan lebih menikmati setiap proses kehidupan yang kamu jalani. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala hal yang kamu miliki, ya. (and)

Baca juga:

Lindsay Lohan Rilis Lagu Baru 'Back To Me' Setelah 11 Tahun Vakum di Dunia Musik

#Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan