4 Cara Efektif untuk Menurunkan Kebiasaan Makan di Malam Hari Makan di malam hari bisa mengarah pada obesitas. (Foto: Pixabay/TeroVesalainen)

ADA saja yang pada tengah malam menyelinap ke dapur. Entah mengambil makanan kecil bahkan memasak mi instan. Menurut survey, rata-rata hal ini sering terjadi di kalangan milenial akibat dari jam tidur yang tidak beraturan dan terlalu banyak pikiran.

Melansir dari Elite Daily, peneliti dari Oregon Health & Science University and Harvard University, mencari tahu apakah kecenderungan makan lebih banyak di malam hari berhubungan dengan ritme sirkadian. Yakni jam internal di tubuh yang berdetak dan memberi tahu kapan saatnya untuk pergi tidur dan bangun.

Baca Juga:

Resep Dalgona Coffee, Minuman Hits di Instagram Cocok untuk #DiRumahAja

Studi ini menemukan bahwa tidak selalu seberapa banyak kamu makan siang hari, jika kamu selalu merasakan lapar di malam hari. Itu bisa menjadi kebiasaan yang sering dilakukan orang dan harus dihindari. Berikut beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kebiasaan tersebut.

1. Identifikasi pemicu

makan
Identifikasi pola makan. (Foto: Pexels/nathan cowley)

Orang mencari makan karena berbagai alasan. Jika kamu tidak lapar tetapi jiwa ragamu bergerak untuk mencari makanan di malam hari, pikirkan apa yang menyebabkannya. Dengan adanya kebiasaan makan malam hari, seluruh pola makan kamu mungkin tertunda karena kurangnya rasa lapar di siang hari. Hal ini bisa membantu mengidentifikasi pola makanmu, yang akan perlahan-lahan memutus siklus perilaku negatif.

2. Pola

makan
Pola tidur dan makan yang teratur membantu perut kenyang di malam hari. (Foto: Pexels/rawpixelcom)

Waktu makan dan tidur yang terstruktur dapat membantu kamu untuk memenuhi asupan makanan sepanjang hari sehingga kamu tidak terlalu lapar di malam hari. Kurang tidur dan durasi tidur singkat kerap dikaitkan dengan asupan kalori yang lebih tinggi dan diet berkualitas rendah. Selama periode waktu yang lama, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko obesitas. Oleh karena itu, ketika kamu sudah berhasil membuat tidurmu lebih berkualitas, lakukan hal itu secara rutin. Perlahan-lahan kebiasaan makan malam mu akan hilang.

Baca Juga:

Bobot Aman Selama #DiRumahAja

3. Atur makan

makan
Makanan sehat adalah yang terbaik. (Foto: Pexels/bruce mars)

Sebagai bagian dari rutinitas, kamu juga harus menyiapkan pola makanmu. Merencakan makananmu dan makan camilah sehat dapat mengurangi kemungkinan kamu membuat pilihan makanan yang buruk.

4. Cari bantuan

makan
Cariah bantuan dari profesional untuk mengatasinya. (Foto: Pexels/Pixabay)

Melansir dari Healthline, seorang profesional dapat membantu kamu mengidentifikasi pemicu dan menerapkan rencana perawatan. Rencana ini sering menggunakan terapi perilaku kognitif (CBT), yang telah terbukti membantu banyak gangguan makan. Menciptakan dukungan emosional juga akan membantu kamu menemukan cara untuk mengelola emosi negatif. (nic)

Baca Juga:

Berat Badan Naik? Ikuti 4 Strategi Mencegah Makan Berlebihan Ketika Karantina!


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH