4 Cara Berhenti Merokok Paling Efektif Niat saja enggak cukup, harus berusaha untuk berhenti merokok. (foto: pixabay/_comfreak)

SEMUA orang tahu merokok itu berbahaya bagi kesehatan. Namun, rasanya tidak semudah itu berhenti merokok jika kamu sudah terbiasa. Nah, buat kamu yang bertekad untuk hidup sehat dan ingin berhenti merokok, yuk ikuti empat cara yang tepat menurut ahlinya!


1. Langsung berhenti sekejap

smoking
Berhentilah secara mendadak dan drastis. (foto: pixabay/adonyig)

Paul Aveyard, profesor behavioural medicine di Oxford University mengatakan perokok yang mencoba berhenti merokok secara bertahap dengan mengurangi intensitas merokok memiliki kemungkinan yang kecil untuk berhasil daripada mereka yang langsung berhenti merokok tiba-tiba.

Kunci kesuksesan untuk berhenti sepenuhnya adalah dengan membuat komitmen untuk berhenti pada satu hari. Ini disebabkan cara otak mempelajari pola dari kecanduan jelas Aveyard. "Desakan untuk merokok dapat dilepaskan, asalkan anda tidak merokok ketika godaan-godaan tersebut datang", tambahnya. Jadi jika kamu diam-diam merokok saat godaan datang, itu hanya akan memperpanjang penderitaanmu.

2. Coba rokok elektrik atau vaping

vaping
Gantikan dengan rokok elektrik. (foto: pixabay/lindsayfox)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh qmul.ac.uk, menyimpulkan bahwa penggunakan rokok elektrik dua kali lebih efektif dalam membantu perokok untuk berhenti. Nicola Lindson, peneliti behavioural medicine dari Oxford University mengatakan bahwa terdapat komponen dalam rokok elektronik atau vape yang tidak ada pada sejumlah pengobatan untuk berhenti merokok.

"Vaping memberikan seseorang sesuatu yang dilakukan tangan dan bisa juga memberikan elemen sosial dari merokok. Kita masih membutuhkan lebih banyak data untuk keselamatan rokok elektrik,namun kami cukup yakin bahwa itu jauh lebih tidak membahayakan kesehatan jika dibandingkan dengan merokok," ujarnya.

3. Jangan takut terhadap nikotin

gummy
Gunakan permen karet sebagai pengganti. (foto: pixabay/mohsinmajeedmohsin3)

Biasanya para perokok tidak mengkonsumsi nikotin sebanyak yang mereka butuhkan ketika ingin berhenti, tegas Leonie Brose dari National Addiction Centre, King's Collage, London. Hal yang ditakutkan biasanya adalah penggunaan pengganti nikotin. Dilansir dari nhs.uk, terapi kombinasi pengganti nikotin seperti permen karet atau semprotan hidung ini sangat efektif membantu kamu berhenti merokok.

4. Hindari pemicu

smoking
Jauhi hal-hal yang jadi godaan untuk merokok. (foto: pixabay/4924546)

Setiap perokok memiliki pemicu mereka ingin merokok. Bisa jadi ngopi sehabis makan dikantor bersama teman-teman, atau pulang kantor di warung dekat kantor. Aveyard mengatakan bahwa mengganti rutinitas harian kamu bisa menghindari keinginan merokok pada tahap awal. "Orang biasanya merokok dalam situasi dan waktu tertentu. Jika kamu bisa menghindari rutinitas tersebut, maka kemungkinan besar kamu bisa mengurangi hasrat ingin merokok dan bisa membuat otakmu untuk pulih dari hasrat tersebut," jelasnya.(shn)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH