4 Butir Kesepakatan yang Ditandatangani Trump dan KIm

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 12 Juni 2018
4 Butir Kesepakatan yang Ditandatangani Trump dan KIm
Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump dan Ketua Komisi Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) Kim Jong-Un mengadakan pertemuan pertama, bersejarah di Singapura pada 12 Juni 2018. Fot

MerahPutih.com - Selasa (12/6) menjadi momentum bersejarah setelah Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura.

Pertemuan kedua tokoh negara ini membahas sejumlah isu terutama nuklir Korea Utara. Trump menegaskan bahwa Amerika memberikan kebebasan kepada negara Komunis tersebut. Sedangkan, Kim berjanji akan menuntaskan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Berikut isi pernyataan bersama Trump dan Kim seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (12/6/2018):

Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump dan Ketua Komisi Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) Kim Jong-Un mengadakan pertemuan pertama, bersejarah di Singapura pada 12 Juni 2018.

Donald Trump dan Kim Jong-Un. Foto: Reuters

Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un melakukan perbincangan yang komprehensif, mendalam, dan tulus tentang isu-isu yang terkait dengan pembentukan hubungan baru AS-DPRK dan perdamaian yang abadi dan kuat di Semenanjung Korea. Presiden Trump berkomitmen untuk memberikan jaminan keamanan kepada DPRK, dan Ketua Kim Jong Un menegaskan kembali komitmennya yang teguh untuk menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Yakin bahwa pembentukan hubungan baru AS-DPRK akan memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran Semenanjung Korea dan dunia, dan mengakui bahwa membangun kepercayaan bersama dapat mempromosikan denuklirisasi Semenanjung Korea

Presiden Trump dan Ketua Kim menyatakan hal-hal sebagai berikut:

1. AS dan DPRK berkomitmen untuk membentuk hubungan baru AS-DPRK sesuai keinginan rakyat kedua negara akan perdamaian dan kemakmuran.

2. AS dan DPRK akan menggabungkan upaya-upaya mereka untuk membangun perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018 lalu, DPRK berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi penuh Semenanjung Korea.

4. AS dan DPRK berkomitmen untuk menemukan jasad-jasad para tahanan perang/yang hilang dalam tugas, termasuk pemulangan segera jasad-jasad yang telah teridentifikasi.

Donald Trump dan Kim Jong-Un. Foto: Reuters

Setelah mengakui bahwa KTT AS-DPRK - yang pertama dalam sejarah adalah peristiwa penting yang sangat penting dan mengatasi ketegangan dan permusuhan selama puluhan tahun antara kedua negara dan untuk pembukaan masa depan yang baru, Presiden Trump dan Ketua Kim Jong-Un berkomitmen untuk mengimplementasikan ketentuan dalam pernyataan bersama ini secara lengkap dan cepat. AS dan DPRK berkomitmen untuk melakukan negosiasi lanjutan yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, dan pejabat tingkat tinggi terkait DPRK, guna melaksanakan hasil-hasil KTT AS-DPRK.

Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump dan Ketua Komisi Urusan Luar Negeri Republik Demokratik Rakyat Korea Kim Jong-Un berkomitmen untuk bekerja sama untuk perkembangan baru hubungan AS-DPRK dan untuk promosi perdamaian, kemakmuran dan keamanan Semenanjung Korea dan dunia. (*)


12 Juni 2018

Pulau Sentosa

#Kim Jong Un #Donald Trump
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan