4 Bunga Simbol Keberuntungan Saat Imlek, Suka Nomor Berapa? Bunga Krisan hiasan Imlek. (Foto: Pixabay)

MUNGKIN sudah jarang etnis Tionghoa di Tanah Air yang memberi bunga di Tahun Baru Imlek. Padahal, di Tiongkok, memberi bunga merupakan kebiasaan yang kerap dilakukan saat Imlek tiba.

Namun, bunga-bunga ini tetap muncul di rumah-rumah orang yang merayakan Imlek. Bagi etnis Tionghoa bunga melambangkan keberuntungan.

1. Mei hua

mei hua
Mei hua. (Foto: Wikipedia)

Mei hua adalah bunga yang unik. Hingga sekarang masih banyak orang yang menyangka mei hua adalah sakura. Padahal bukan. Mei hua biasanya mekar di tahun baru sehingga etnis Tionghoa menggunakannya sebagai bunga yang wajib hadir saat Imlek.

Bunganya berukuran kecil. Warnanya ada yang pink dan merah. Pedagang bunga seperti di Pasar Modern BSD biasanya menjual mei hua lengkap dengan batangnya. Menurut pedagang di sana, bunga dan ranting mei hua yang sudah dipotong dari pohonnya ini bisa awet hingga setahun. Harganya? Mulai dari Rp130 ribu untuk mei hua pink yang potongannya pendek.

Mei hua lambang keberuntungan. Saat Imlek, ranting bunga mei hua biasanya dipakai untuk menggantung angpao sebagai pengundang keberuntungan.

2. Bakung

Bunga bakung
Bunga Bakung. (Foto: Wikipedia)

Bakung adalah simbol kemakmuran. Batangnya cukup besar seperti sedap malam. Bunganya besar dan indah. Tersedia dalam aneka warna.

Putih, kuning, ungu, pink, oranye, dan merah. Anda tinggal pilih warna yang disukai.

Menjelang Imlek, pedagang biasanya menjual bunga bakung potong. Selain bunga bakung potong, ada pula orang yang sengaja menanam bunga bakung di taman. Saat Imlek tiba, ia tinggal memindahkan bunga bakung berikut potnya ke ruangan.

3. Krisan

Bunga krisan
Bunga Krisan. (Foto: Pixabay)

Ingat chrysantemum? Minuman bunga krisan yang berguna untuk meredakan panas dalam. Ketika Imlek tiba, krisan juga kerap digunakan sebagai pajangan.

Krisan memiliki simbol yang bagus. Kehadiran krisan di dalam rumah diharapkan dapat membuat pemiliknya panjang umur. Sama seperti bakung, krisan juga kaya warna.

Warna yang paling umum adalah kuning dan oranye. Saat Imlek tiba, krisan biasa ditata di vase bunga.


4. Bunga matahari

Bunga Matahari
Bunga Matahari. (Foto: Pixabay)

Mudah mengenali bunga matahari. Kelopak bunganya berwarna kuning dan mengelilingi bulatan bunga. Batangnya menjulang tinggi.

Bunga ini selalu mengikuti ke mana arah matahari. Bunga matahari melambangkan tahun yang baik dan penuh berkah.

Saat Imlek tiba, bunga matahari ini biasa ditaruh di vase bunga. Ruangan akan terlihat lebih cantik dengan kehadirannya.

Dari empat bunga khas Imlek, nomor berapa yang Anda pilih? (*)

Dapatkan berita lain terkait Imlek pada artikel Di Mata Sebastian Gunawan Busana Imlek Tidak Harus Cheongsam.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH