WCC 2022
4 Barista Indonesia Unjuk Gigi di World Coffee Championships 2022 World Coffee Championships digelar di Milan, Italia. (Foto: [email protected])

GELARAN World Coffee Championships (WCC) akan dihelat mulai 23-25 Juni 2022 di Milan, Italia. Indonesia pun turut hadir dalam ajang kompetisi kopi bergengsi ini dengan menghadirkan empat barista yang sebelumnya menang di Indonesia Coffee Event (ICE).

WCC akan mempertandingkan lima kompetisi yang diikuti oleh para peserta dari seluruh dunia, mulai dari Kosta Rika, Arab Saudi, Korea Selatan, Italia, Jepang, Taiwan, Thailand, Australia, hingga Brazil. Mereka akan bertanding di kompetisi World Latte Art Championship, World Coffee in Good Spirits Championship, World Cup Tasters Championship, World Coffee Roasting Championship, dan Cezve/Ibrik Championship.

Para putra dan putri terbaik Indonesia pun turut berpartisipasi dalam acara ini. Setiap peserta akan bertanding di bidangnya masing-masing. Mereka adalah Restu Sadam Hasan untuk World Latte Art Championship, Shayla Philipa untuk World Coffee in Good Spirits Championship, Wisnu Aji untuk World Coffee Roasting Championship, dan Lonika Tay untuk World Cup Tasters Championship.

Baca juga:

Meski Kondisi Pandemi, SCAI Sukses Menggelar Banyak Program di Semester Pertama 2021

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SCAI (@aksi_scai)

Kesempatan ini mereka raih setelah menjadi pemenang di ICE yang digelar oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

Wisnu Aji sebelumnya memenangi kompetisi Indonesia Coffee Roasting Championship (ICRC) 2022 yang digelar Januari lalu. Dari 12 roasters, ia berhasil menduduki peringkat pertama dengan skor 477,75. Kemudian di posisi kedua ada Taufan Mokoginta (Four Goods Coffee) dengan skor 475,00, dan posisi ketiga ada Oki Herusatmoko (PT Pabrik Produksi Kopi) dengan skor 472,75.

Dalam unggahan Instagram Story @aksi_scai, Wisnu Aji akan bertanding pada Kamis (23/6) dengan sesi sample roasting pukul 11.15 waktu setempat, open cupping pukul 12.45 waktu setempat, dan practice roasting pukul 15.50. Kemudian dilanjutkan pada Jumat (24/6) dengan sesi roast plan pukul 08.30 waktu setempat dan product roasting pukul 10.40 waktu setempat.

Baca juga:

Erick Thohir Bentuk PMO Kopi Nusantara, SCAI Siap Dukung Ekosistem

"Saya melihat acara ini bisa menyediakan sumber daya dan pengalaman yang belum pernah saya jumpai sebelumnya. Saya juga ingin bertemu para pencinta kopi dari seluruh dunia," kata Wisnu Aji dalam unggahan di Instagram @aksi_scai.

Ada juga Lonika yang memenangi gelaran Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) 2022 setelah berhasil menebak tujuh dari 24 gelas yang tersedia. Perwakilan PT Singa Garuda Mas tersebut menjadi peserta tercepat dengan waktu finis 3,59 menit pada babak perempat final dan tercepat kedua pada babak semifinal dengan catatan waktu 5,14 menit.

"Sangat luar biasa betapa kuatnya harapan dan dukungan dari orang lain. Dan untuk itu, saya sangat berterima kasih," kata Lonika. Lonika akan bertanding pada Kamis (23/6) pukul 11.05-11.20 waktu setempat.

Selanjutnya, Restu Sadam Hasan yang menjadi pemenang di Indonesia Latte Art Championship (ILAC) Maret 2021 lalu. Sejak saat itu, Restu mulai berlatih untuk mempersiapkan latte art terbaik yang akan ditampilkan di WCC 2022.

"Terima kasih banyak untuk keluarga, pemimpin, teman, dan semuanya yang telah mendukung saya," kata Restu.

Restu akan tampil di WCC pada Kamis (23/6) dengan babak preliminary pukul 11.25 waktu setempat dan art bar pukul 12.35 waktu setempat.

Terakhir ada Shayla Philipa yang memenangi kompetisi Indonesia Coffee in Good Spirits Championship (ICiGSC) di 2021 lalu. Dari delapan peserta yang bertanding, hanya Shayla satu-satunya perempuan. Ketertarikan Shayla dalam memadukan minuman alkohol dan kopi tak terlepas dari latar belakangnya sebagai barista.

Shayla akan bertanding pada Jumat (24/6) pukul 16.59 waktu setempat. Selamat berjuang, champ! (and)

Baca juga:

Gandeng La Marzocco, SCAI Berharap Kopi Indonesia Berkembang di Mata Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Nagoshi Studio, Divisi Mantan Kreator SEGA di NetEase Games
Fun
Nagoshi Studio, Divisi Mantan Kreator SEGA di NetEase Games

NetEase games tahu betul kemampuan Nagoshi.

Bukan Plastik, 4 Wadah Makanan yang Jauh Lebih Ramah Lingkungan
Hiburan & Gaya Hidup
'To The Bone' Pamungkas Jadi Lagu Paling Banyak Didengar di Spotify Indonesia
ShowBiz
'To The Bone' Pamungkas Jadi Lagu Paling Banyak Didengar di Spotify Indonesia

Dua tahun berturut-turut, Pamungkas dinobatkan sebagai artis lokal yang paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia.

Tips Jaga Stamina untuk Perjalanan Mudik
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Jaga Stamina untuk Perjalanan Mudik

Mereka yang akan menempuh perjalanan jauh menuju kampung halaman butuh energi yang lebih banyak.

Vaksin Pfizer dan Moderna pada Bumil Juga Lindungi Bayi
Hiburan & Gaya Hidup
Vaksin Pfizer dan Moderna pada Bumil Juga Lindungi Bayi

Segera vaksin untuk melindungi diri dan si bayi

Bersama Rendy Pandugo, Oslo Ibrahim Angkat Isu Quarter Life Crisis di Single 'Blanket of Sadness'
ShowBiz
Bersama Rendy Pandugo, Oslo Ibrahim Angkat Isu Quarter Life Crisis di Single 'Blanket of Sadness'

Oslo mengungkapkan single ini sebagai perjalanan yang akan dirasakan semua orang.

Ulang Tahun ke-40, Kate Middleton Unggah Foto Vintage dan Glamor
ShowBiz
Ulang Tahun ke-40, Kate Middleton Unggah Foto Vintage dan Glamor

Kate Middleton terlihat begitu anggun di fotonya.

Tips Menulis Novel di Aplikasi Digital Ala Asma Nadia
ShowBiz
Tips Menulis Novel di Aplikasi Digital Ala Asma Nadia

Asma Nadia membagikan sejumlah tips menulis novel untuk para pemula yang ingin menerbitkan karya lewat aplikasi digital atau platform online

Pentingnya SDM Kreatif Bagi Ekosistem Esports
Fun
Pentingnya SDM Kreatif Bagi Ekosistem Esports

SDM kreatif siap memajukan industri Esports.