4 Bakteri Patogen Ini Sama Bahaya dengan Listeria

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 25 Juni 2020
4 Bakteri Patogen Ini Sama Bahaya dengan Listeria
Bakteri patogen yang berbahaya tidak hanya bakteri liseria. (Foto: pixabay.com/geralt)

JAMUR enoki akhir-akhir ini sedang hangat dibicarakan. Berbagai informasi muncul di internet karena adanya bakteri listeria. Kementerian pertanian bahkan memusnahkan sebanyak 8.165 kg jamur enoki yang diimpor. Namun, ada bakteri lain yang sama berbahayanya dengan listeria.

L. Monocytogenes sebenarnya telah beberapa kali dikabarkan menyebabkan kehebohan. Pada tahun 2018, bakteri ini hidup di melon Australia. Tahun berikutnya, mereka berada di irisan daging dan keju olahan. Lalu, tahun 2020, Listeria ditemukan di jamur enoki.

Baca juga:

NASA Bagikan Foto 'Kota Chicago Terbalik' di Bawah Awan

Listeria Monocytogenes merupakan bakteri patogen yang dapat menyebabkan meningitis. Kasus terburuk adalah orang yang mengonsumsinya dapat meninggal. Hal ini biasanya karena mereka mempunyai imun yang rendah seperti ibu hamil, bayi, dan orang dewasa yang sedang tidak fit.

Bakteri patogen yang berbahaya tidak hanya Listeria. Mereka hidup di makanan yang mungkin biasa kita konsumsi. Berikut ini bakteri patogen yang sama berbahayanya dengan Listeria.

1. Eschericia coli (E.Coli)

Bakteri E.Coli kebanyakan terdapat pada sayuran yang tidak dicuci bersih. (Foto: unsplash.com/Harsal S. Hive)
Bakteri E.Coli kebanyakan terdapat pada sayuran yang tidak dicuci bersih. (Foto: unsplash.com/Harsal S. Hive)


Sering mendengar bakteri E.Coli? Bakteri ini lah yang menyebabkan diare dan kram perut. Bahkan terkadang bersamaan dengan demam. Jika tidak segera ditangani, penderitanya dapat terkena gagal ginjal.

Bakteri ini biasanya terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan bersih. Akibatnya E.Coli akan tetap menempel pada sayuran yang menggunakan pupuk kotoran sapi. Selain itu, bakteri ini juga biasa ditemukan di daging mentah dan susu pasteurisasi.

2. Salmonella Species (Salmonella Sp.)

Bakteri Salmonella Sp. banyak terdapat pada daging sapi mentah. (Foto: unspalsh.com/wesual click)
Bakteri Salmonella Sp. banyak terdapat pada daging sapi mentah. (Foto: unspalsh.com/wesual click)

Teman dari E.Coli adalah Salmonella Sp. Bakteri yang juga menyebabkan orang yang mengonsumsinya menderita diare, sakit perut, demam, mual, dan muntah. Hal yang paling buruk dapat terjadi adalah tifus dan komplikasi.

Bakteri ini berasal dari kotoran manusia atau hewan. Salmonella banyak ditemukan di daging sapi, daging unggas, susu, dan telur. Selain itu, terdapat juga pada udang dan kerang yang airnya terkontaminasi.

Baca juga:

Unik, Konser Orkestra di Barcelona Ditonton Tanaman Hias

#Bakteri
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan