4 Bahan Alami yang dapat Percepat Penyembuhan Luka

P Suryo RP Suryo R - Senin, 17 Oktober 2022
4 Bahan Alami yang dapat Percepat Penyembuhan Luka
Bawang putih dipercaya dapat mengobati penyembuhan luka. (Unsplash/bryam-blanco-c27y)

TERKADANG luka yang dialami seseorang tidak kunjung sembuh. Apalagi bila ada berbagai faktor gangguan kesehatan yang membuat luka lambat sembuh.Apalagi jika lukanya terlihat dengan jelas di anggota tubuh membuat percaya diri menurun.

Tak pelak banyak produk yang menawarkan perawatan luka agar luka lebih cepat sembuh. Tapi masih ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami disekitar kita.

Faktanya ada banyak tumbuhan herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat luka agar lebih cepat sembuh. Melansir dari Medical News Today, ada beberapa herbal yang dapat membantu proses penyembuhan luka.

Baca Juga:

Sebabkan Gagal Ginjal, ini Bahaya Obat Batuk Berkandungan Dietilen Glikol dan Etilen Glikol

lidah buaya
Ekstrak dari lidah buaya memiliki kualitas yang bagus untuk penyembuhan luka. (Pixabay/Rosina Sch)


Lidah buaya

Ekstrak dari lidah buaya memiliki kualitas yang bagus untuk penyembuhan luka. Terbukti sangat efektif dalam kasus luka akibat terbakar, sengatan matahari, goresan dan juga luka lainnya. Lidah buaya dapat mencegah aktifitas inflamasi luka dan mempercepat penyembuhan.

Bersihkan terlebih dahulu area luka dengan air dingin dan sapukan gel lidah buaya langsung pada lukanya. Jika tidak memiliki tanaman lidah buaya, bisa juga digantikan dengan produk lidah buaya yang ada dipasaran.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu dari obat tradisional yang digunakan untuk penyembuhan luka dan cedera. Kunyit memiliki antiseptik dan juga agen anti perdangan yang kuat. Namun kita tetap harus berkonsultasi dengan dokter jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Senyawa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit mendukung proses perbaikan luka, karena memiliki sifat antibakteri anti jamur, dan anti radang.

Baca Juga:

Cuci Tangan Tak Boleh Asal-Asalan

luka
Kunyit memiliki antiseptik untuk penyembuhan luka. (Unsplash/prchi-palwe)

Bawang putih

Meskipun aroma khasnya mungkin bukan pilihan pertama. Namun bawang putih cukup efektif sebagai ramuan penyembuhan luka. Bawang putih adalah antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Ini mempercepat pematangan kolagen di jaringan kulit dan bertindak sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung zat monolaurin, asam lemak dengan sifat antimikroba. Asam lemak yang ditemukan dalam minyak nabati diasumsikan memainkan peran besar sumber terpercaya dalam membantu penyembuhan luka. Seseorang dapat menggunakan minyak kelapa pada luka untuk membantu mengurangi risiko tertular infeksi. (Mrf)

Baca Juga:

Pria, ini Pilihan Makanan Tepat Jaga Fertilitas

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan