4 Astronot AS Gunakan Hak Suaranya dari Angkasa Luar

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 01 Oktober 2020
4 Astronot AS Gunakan Hak Suaranya dari Angkasa Luar
3 astronot AS dan 1 astronot Jepang. (Foto: The Verge)

PEMILIHAN presiden AS sebentar lagi akan dimulai. Berdekatan dengan pemilu yang diadakan 3 November 2020, SpaceX dan NASA akan meluncurkan misi Crew-1 SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa (ISS). Oleh karena itu, empat astronot yang berangkat akan menggunakan hak suaranya dari luar angkasa.

Ini bukanlah yang pertama kalinya. Mengutip laman The Verge, tradisi ini mengikuti orang-orang sebelumnya yang mengikuti pemilu dari orbit.

Astronot pertama yang dijadwalkan tiba di ISS menjelang pemilihan adalah Kate Rubins. Ia akan menggunakan roket Soyuz pada 14 Oktober bersama dengan dua kosmonot Rusia.

Baca juga:

Astronaut NASA Ditugaskan Untuk Syuting Iklan Produk Estée Lauder di Luar Angkasa

4 Astronot AS Gunakan Hak Suaranya dari Luar Angkasa
Kate Rubins akan berangkat pada 14 Oktober. (Foto: The Verge)


“Saya pikir sangat penting bagi semua orang untuk memilih. Jika kita bisa melakukannya dari luar angkasa, maka saya yakin orang-orang juga bisa melakukannya dari bawah,” kata Rubins.

Setelah Kate Rubins, tiga astronot AS lainnya akan muncul, yakni Mike Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker. Mereka akan berada di penerbangan kedua dari Crew Dragon SpaceX pada 31 Oktober, bersama dengan astronot Jepang Soichi Noguchi yang berencana akan memilih dari orbit.

“Kami semua berencana untnuk memberikan hak suara dari luar angkasa,” kata Walker.

Baca juga:

NASA Berminat Membeli Batu dari Bulan

4 Astronot AS Gunakan Hak Suaranya dari Luar Angkasa
Mereka akan berangkat menggunakan roket Soyuz. (Foto: SpaceNews)

“NASA bekerja sangat baik dengan organisasi pemilihan yang berbeda karena kita semua memberikan suara di berbagai negara. Tapi kami akan memberikan suara dari luar angkasa, jadi itulah yang bisa kami lakukan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Walker juga pernah melaksanakan pemilu dari luar angkasa saat perjalanan pertamanya ke ISS pada 2010. Nah sebelum melakukan penerbangan, astonot NASA akan mengisi aplikasi Kartu Pos Federal.

Aplikasi itu biasanya digunakan untuk anggota militer yang tidak dapat hadir memberikan suara dengan alasan menjalankan tugas.

4 Astronot AS Gunakan Hak Suaranya dari Luar Angkasa
Walker sebelumnya pernah menggunakan hak suaranya dari luar angkasa. (Foto: NASA)


Setelah disetujui, panitia dari daerah masing-masing akan memberikan file kepada NASA untuk uji coba. Dalam pelaksanaannya, jika file uji coba sudah disahkan, maka kontrol misi NASA akan mengirim file tersebut dalam berupa PDF melalui e-mail di hari pemilihan.

Setelah pilihan ditandai, file tersebut akan dikirim kembali dan diserahkan kepada panitia dari wilayah asal masing-masing astronot untuk penghitungan suara. (and)

Baca juga:

Dwayne 'The Rock' Johnson Buka-Bukaan Dukung Joe Biden untuk Presiden AS

#Pilpres AS #Astronot #Luar Angkasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan