Teknologi

4 Alasan Telegram Bisa Jadi Alternatif Aplikasi Bertukar Pesan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 02 November 2022
4 Alasan Telegram Bisa Jadi Alternatif Aplikasi Bertukar Pesan
Yuk unduh telegram. (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)

BERAGAM aplikasi bertukar pesan tersedia di play store maupun app store. Namun, mana yang paling terbaik? Itu semua sebenarnya relatif. Namun, di Indonesia WhatsApp boleh dibilang menjadi primadona sebagai aplikasi perpesanan paling banyak digunakan.

Bahkan, di dunia, seperti dimuat di laman Worldpopulationreview, Indonesia menempati urutan ke tiga sebagai pengguna WhatsApp terbanyak. Sebanyak 84,8 juta orang Indonesia berkomunikasi menggunakan WhatsApp pada tahun 2021, meningkat dari penggunaan WhatsApp tahun 2020 sebanyak 68,8 juta orang.

Baca Juga:

Harga dan Fitur Eksklusif Telegram Premium

Namun, selain WhatsApp, telegram bisa menjadi alternatif aplikasi bertukar pesan yang cukup ramah pengguna. Menurut berita pers diterima merahputih.com, ada empat alasan Telegram bisa jadi alternatif selain WhatsApp atau aplikasi bertukar pesan lainnya, antara lain:

1. Ukuran aplikasi yang ringan

Ukuran aplikasi Telegram yang lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi pesan singkat lainnya menjadi daya tarik mengapa kamu harus beralih ke Telegram. Sebagai perbandingan, update terbaru Telegram yang dirilis pada 21 September 2022 hanya berukuran 25,36 MB di Google Play Store. Ini adalah ukuran yang relatif kecil terutama jika dibandingkan dengan aplikasi pesan singkat serupa lainnya yang memakan ruang penyimpanan perangkatmu setidaknya hingga 50 MB.

Ukuran kapasitas telegram ringan. (Foto: Unsplash/Dima Solomin)

Ukuran aplikasi Telegram yang ringan tidak akan membuat perangkatmu menjadi lamban dan bahkan mengurangi kemungkinan aplikasi tersebut mati dengan sendirinya. Kamu tentu tidak mau aplikasi pesan singkat memakan ruang penyimpanan perangkatmu, bukan?

2. Kapasitas penyimpanan yang tak terbatas

Dengan Telegram, kamu dapat merasakan ukuran aplikasi yang ringan dengan kapasitas penyimpanan maksimum. Melalui fitur penyimpanan cloud Telegram, kamu bisa menyimpan dan mengakses semua jenis data seperti pesan, gambar, video, dan berbagai file lainnya hingga ukuran maksimal 2 GB dengan mudah dan kapasitas tidak terbatas.

Baca Juga:

Telegram Voice Chat, Cara Baru Berkumpul Virtual

Pengguna Telegram Premium bahkan dapat mengunggah file dengan ukuran hingga 4GB. Tak hanya itu, kamu dapat menggunakan fitur Saved Messages sebagai penyimpanan cloud pribadi kamu. Dengan basis cloud dan opsi manajemen cache, kamu tidak perlu khawatir ruang penyimpanan perangkat ponsel kamu akan habis karena Telegram.

Telegram tersedia di lebih banyak perangkat dan sistem operasi. (Foto: Unsplash/Dimitri Karastelev)

3. Telegram tersedia di lebih banyak perangkat dan sistem operasi

Sebagai aplikasi pesan singkat berbasis cloud dengan sinkronisasi tanpa batas, Telegram memungkinkan pengguna untuk mengakses pesan mereka dari berapa perangkat sekaligus. Pengguna dapat mengakses Telegram dari smartphone, tablet, dan komputer secara bersamaan tanpa perlu khawatir pesan mereka tidak tersinkronisasi di berbagai perangkat tersebut.

Telegram memiliki aplikasi desktop yang tersedia pada perangkat dengan sistem operasi Windows, MacOS dan Linux, serta aplikasi independennya sendiri di MacOS. Selain itu, Telegram juga hadir dengan versi web, yang artinya pengguna dapat mengakses Telegram dari perangkat apa pun yang memiliki browser! Nyaman, bukan?
Untuk akses melalui smartphone, Telegram dapat diunduh oleh perangkat dengan sistem operasi iOS 9 ke atas dan Android 6.0 ke atas.

4. Proteksi data terjamin

Telegram menghadirkan beberapa fitur yang memastikan keamanan penggunanya dapat terjaga dengan maksimal. Salah satunya adalah Secret Chats, sebuah fitur Telegram yang memungkinkan pengguna untuk saling berkirim pesan rahasia kepada satu sama lain.

Dengan fitur ini, transisi kamu ke Telegram tidak hanya akan menjadi proses yang nyaman, tetapi kamu juga dapat memastikan bahwa data kamu tetap terlindungi dengan terjaganya kerahasiaan pesan kamu.
Telegram juga memberikan pilihan bagi penggunanya untuk tidak menampilkan nomor telepon pada akun mereka. (ikh)

Baca Juga:

5 Fitur Keamanan Telegram yang Wajib Kamu Ketahui

#Telegram #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan