4 Alasan Pria Selingkuh Pria punya alasan tertentu saat selingkuh. (foto: imggur)

PERSELINGKUHAN merupakan hal fatal yang sangat mampu menghancurkan suatu hubungan seseorang. Tidak hanya hubungan percintaan, tapi perselingkuhan juga mampu menimbulkan trauma bagi seseorang.

Dilansir Psych Central, satu dari empat hubungan biasanya menyangkut perselingkuhan. Terlepas dari banyaknya kasus perselingkuhan di dunia ini, sangat penting untuk mengetahui alasan-alasan mengapa pria selingkuh.

BACA JUGA: Fakta Tentang Gangguan Kepribadian Narsisistik

1. Tidak mendapatkan kebutuhan emosional yang mereka butuhkan

selingkuh
Pria mencari kepuasan emosional. (foto: tiny buddha)

Dilansir Thelist.com, salah satu alasan utama mengapa pria selingkuh ialah karena mereka tidak mendapatkan kebutuhan dan hasrat emosional yang mereka inginkan atau butuhkan.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Webmd.com mengatakan bahwa 50% pria yang selingkuh mengatakan bahwa mereka merasa tidak puas secara emosional dan tidak bahagia dalam hubungan mereka.

Biasanya pria selingkuh demi mendapatkan rasa dihargai dan didukung secara emosional. Dan ketimbang membicarakanya dengan kekasihnya yang mereka ajak bicara setiap hari, biasanya mereka akan mencari orang lain yang mampu memberikan mereka dukungan serta empati yang mereka rasa kurang mereka dapatkan dari kekasihnya.

Mereka ingin merasa dihargai dan juga mereka kadang hanya butuh bahu untuk ditangisi sehingga mereka melakukan perselingkuhan.

2. Tidak mendapatkan kebutuhan fisik yang mereka butuhkan

selingkuh
Ketidakpuasan seksual juga jadi alasan. (foto: medical news today)

Selain kebutuhan emosional, alasan paling klasik dari perselingkuhan ialah kurang dipenuhinya kebutuhan seksual dari hubungan yang lebih dulu dijalaninya. Sehingga untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, pria akan memenuhi kebutuhan fisiknya dari orang lain. Meskipun begitu, terkadang bukan berarti mereka tidak mencintai pasangan mereka jika mereka selingkuh hanya karena ketidakpuasan kehidupan seksual.

BACA JUGA: Empat Zodiak Ini Sulit Mengekspresikan Perasaannya

3. Tidak dewasa

boy
Belum siap menjalin hubungan serius. (foto: creative market)

Salah satu alasan pria selingkuh karena mereka belum cukup dewasa untuk memiliki hubungan. Lelaki yang tidak dewsa cenderung mengedepankan urusan dirinya dari sebagian besar situasi, tidak mempertimbangkan perasaan pasangan, tidak mau disalahkan ketika dia memang salah, serta tidak bisa dipercaya dan tidak bertanggung jawab.

4. Teman atau anggota keluarganya adalah penyelingkuh

dad
Faktor keturunan. (foto: thoughtco)

Ternyata, selingkuh bisa saja diturunkan dari sang ayah. Selingkuh untuk laki-laki bisa menjadi perilaku yang dipelajari dan menurun ke anak. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, dikatakan bahwa lelaki yang memiliki ayah suka selingkuh cenderung lebih mungkin untuk selingkuh. Ayah yang suka selingkuh ini bisa menjadi role model bagi anak laki-laki mereka.

Tidak hanya orangtua, perilaku yang mampu dipelajari juga bisa datang dari perkumpulan atau pergaulan. Jika teman-temannya gemar selingkuh, maka kekasihmu cenderung tidak menganggap kegiatan selingkuh sebagai hal yang salah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh webmd.com mengatakan bahwa 75% lelaki yang selingkuh biasanya memiliki teman dekat yang juga selingkuh.

Selingkuh bisa menjadi pengalaman bersama yang bisa meningkatkan ikatan persahabtan mereka sehingga mereka memiliki pemahaman dan pandangan yang sama tentang selingkuh, yang mana memungkinkan mereka untuk membahas perselingkuhan secara terbuka tanpa adanya penghakiman.(shn)

BACA JUGA: 4 Cara Ampuh Agar Kamu Enggak Terjebak Status 'Friend Zone'



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH