4 Alasan Mengapa Kamu Wajib Pelesiran di Pantai Sadranan Pantai Sadranan (Foto: Instagram/@suryayogyakarta))

YOGYAKARTA dikenal memiliki kekayaan budaya yang sanbgat kental. Selain itu, ternyata wilayah Yogyakarta juga menyimpan keindahan alam yang sangat kaya. Salah satunya adalah keindahan alam pantainya. Pesona alam pantainya tak kalah menakjubkan dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia.

Salah satu pantai cantik yang ada di wilayah ini adalah Pantai Sadranan. Terdapat di daerah Wonosari, Gunungkidul. Pantai cantik ini menawarkan panorama keindahan alam yang menajubkan. Sangat direkomendasikan untuk keluarga atau sahabat.

Di Pantai Sadranan terdapat beberapa hal menarik lain yang dapat dinikmati para pelancong. Berikut adalah beberapa keunikan yang dijamin bikin seru yang perlu kamu ketahui tentang Pantai Sadranan.

Baca juga:

Pantai Sorake, Tempat Terbaik Kedua di Dunia untuk Berselancar

1. Ombak Tenang dan Pasir Putih

Pasir putih (Foto: Instagram/@pantaisadranan)

Sebagian besar pasir pantainya berwarna putih menawan Kondisi Pantai Sadranan memungkinkan para pelancong untuk bersantai dengan leluasa sambil menikmati indahnya alam sekitar.

Terdapat bukit karang yang terdapat di bagian pinggir pantai. Posisi bukit karang diyakini menghalangi datangnya gulungan ombak, menghasilkan ombak berukuran kecil. Dengan demikian, pelancong tidak perlu khawatir.

2. Snorkeling

Snorkeling (Foto: Instagram/@pantaisadranan)

Pantai Sandrana memiliki keindahan bawah laut yang sangat menarik. Sangat cocok menjadi destinasi pilihan bagi kamu yang hobi snorkeling. Kamu akan dimanjakan dengan keindahan terumbu karang dan beragam jenis ikan.

Untuk kegiatan snorkeling, dianjurkan dilakukan saat pagi dan sore hari. Di pagi hari, pelancong dapat melakukannya mulai jam 6 sampai 8 pagi. Di sore hari, pelancong dapat memulainya dari jam 4 sampai 6 sore.

Baca juga:

5 Pantai Indah di Madura, Wajib Dikunjungi

3. Fasilitas Menarik

Fasilitas menarik (Foto: Instagram/@faridhidayat19)

Terdapat fasilitas payung pantai untuk bersantai-santai tanpa terkena sorotan matahari. Fasilitas ini bisa ditemukan di sepanjang pantai. Untuk menggunakannya, pelancong dapat menyewanya dengan harga sekitar Rp 25.000. Tidak jauh dari pantai, Pelancong juga dapat mencicipi kuliner khas hidangan makanan laut di kafe dan restoran.

Di pantai ini terdapat penginapan bagi pelancong yang berasal dari luar daerah. Penginapan tersebut memungkinkan bagi pelancong menikmati panorama indah pantai terutama saat matahari terbit dan terbenam. Tersedia fasilitas gazebo berbagai ukuran, cocok sebagai tempat ngobrol sambil bersantai.

4. Tradisi Sedekah Laut

Sedekah laut (Foto: Instagram/@suryayogyakarta)

Penduduk lokal yang tinggal di sekitar Pantai Sadranan rutin melakukan tradisi sedekah laut selama satu tahun sekali. Tradisi sedekah laut di sini dikenal dengan nama Labuhan Laut. Tradisi tersebut melibatkan banyak orang. Perangkat desa, tokoh masyarakat, penari tradisional, dan juru kunci pantai.

Warga menyiapkan sesaji persembahan yang nantinya ditempatkan pada perahu jukung. Menurut kepercayaan warga setempat, tradisi Labuhan Laut bertujuan agar warga mendapatkan rezeki berlimpah dan keselamatan dari Penguasa Laut Selatan.

Bagaimana sahabat Merah Putih, kapan nih mau melancong ke Pantai Sadranan? (lgi)

Baca juga:

Yuk, Menyusuri Pantai Pink di Lombok Timur yang Kece Banget

Kredit : leonard


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH