4.642 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pidato Jokowi di MPR

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 16 Agustus 2022
4.642 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pidato Jokowi di MPR
Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin ketika memimpin apel Pengamanan Pidato Kenegaraan Republik Indonesia di halaman Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

MerahPutih.com - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI akan menggelar Sidang Tahunan 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI Ke-77 di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa (16/8).

Rangkaian Sidang Tahunan MPR akan dibuka dengan pidato pengantar Ketua MPR, lalu Pidato Presiden RI dan dilanjutkan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.

Baca Juga:

Agenda Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD 2022

Selain itu, Pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta nota keuangan pada rapat paripurna pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023.

Sebanyak 4.642 personel gabungan TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan dikerahkan untuk mengamankan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

"Dalam catatan saya, sebanyak 4.642 personel gabungan, termasuk TNI, Polri, Dinas Perhubungan, akan diterjunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan pagi hari ini sampai dengan malam hari," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin ketika memimpin apel Pengamanan Pidato Kenegaraan Republik Indonesia di halaman Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8).

Hari ini, tutur Komarudin, terdapat tiga agenda yang akan berlangsung, yakni Pidato Kenegaraan pada pagi hari, Pidato RAPBN pada siang hari, serta Renungan Suci pada malam hari.

Ketika menyampaikan arahannya, Komarudin mengingatkan kepada seluruh personel untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan yang dapat mengusik kelancaran pidato kenegaraan dan RAPBN.

"Mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan yang akan muncul," ujar Komarudin.

Fokus utama dari penjagaan, tegas ia, adalah keamanan dari ancaman teror dan ancaman keamanan lainnya. Berdasarkan pantauan di lapangan, akses jalan di depan Gedung Nusantara dijaga aparat gabungan dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) dan Petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR RI yang berjaga sejak Selasa (16/8) pagi. (Knu)

Baca Juga:

68 Nama Putra-Putri Indonesia dari 34 Provinsi jadi Paskibraka 2022

#Sidang Tahunan MPR #HUT RI #Hari Kemerdekaan #17 Agustus
Bagikan
Bagikan