4.000 ASN Solo Belum Punya Rumah, Pemkot Mulai Bangun Rumah DP 0 Persen

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 17 November 2023
4.000 ASN Solo Belum Punya Rumah, Pemkot Mulai Bangun Rumah DP 0 Persen
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meletakan batu pertama perumahan ASN di Desa Plesungan, Kecanatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jumat (17/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah mencatat 4.000 dari 8.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) belum punya rumah.


Atas dasar itu, Pemkot Solo membangunkan perumahan ASN di Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, dengan DP 0 persen.

Baca Juga:

Tanggapan Gibran atas Banyaknya Gugatan Setelah Jadi Cawapres

Pembangunan itu bekerjasama dengan PT Taspen Persero. Peletakan batu pertama dilaksanakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Dirut PT Taspen A.N.S. Kosasih, Jumat (17/11).


Dirut PT Taspen A.N.S. Kosasih mengatakan pembangunan rumah bagi ASN ini merupakan inisiatif pertama di Indonesia dari PT Taspen atau Dana Tabungan Asuransi Pegawai Negeri dengan Pemkot Solo. Dengan ini bisa membantu ASN dalam memenuhi tempat tinggal.


“Berdasarkan data yang diterimanya, dia mengatakan dari 8.000 ASN Pemkot Solo sekitar 30 persen belum memiliki rumah,” kata Kosasih.


Dikatakannya, rumah ASN pertama di Indonesia ini bisa dicicil tanpa uang muka. Kemudian bebas biaya notaris dan sertifikat tidak dijaminkan bank serta cicilan bisa 40 tahun.


“Pembangunan rumah bagi ASN merupakan kolaborasi yang luar biasa dengan Pemkot Solo dan Pemkab Karanganyar selaku penyedia lahan,” katanya.


Dibangunkannya perumahan ASN ini, kata dia, bisa memberikan ketenangan bagi abdi negara dengan memiliki rumah yang layak huni. Mereka bahkan bisa mencicil angsuran rumah hingga usia 65 tahun.

Baca Juga:

Disebut Sudah Tutup Buku oleh Hasto, Gibran: Hanya Diminta Kembalikan KTA

"Rumah di bangun dengan akses yang dekat dengan tempat kerja. Sehingga cukup 25 menit sudah bisa sampai ke tempat kerja," katanya.


Di tahap pertama ini, dia mengatakan rumah di bangun sebanyak 174 unit tipe bervariasi dari 32 dengan luasan lahan 60 meter persegi. Terutama target seluruh ASN Solo di Jawa Tengah copy paste di seluruh Indonesia.


“Kami menargetkan pembangunan rumah bagi ASN ini bisa dikerjakan di seluruh Indonesia. Kota Solo menjadi pilot project bagi daerah lain di Indonesia,” ucap dia


Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan sangat berterima kasih dengan OT Taspen yang membangunkan rumah bagi ASN. Pembangunan rumah ini dinilai akan memberikan dampak positif bagi ASN yang belum memiliki rumah.


"Kan masih banyak ASN kita belum punya rumah. Misalnya yang dari Klaten dan lainnya," kata Gibran.


Gibran mengatakan pembangunan perumahan bagi ASN di bangun di wilayah luar Karanganyar karena keterbatasan lahan di Kota Solo. Pembangunan ini akan dilanjutkan di daerah-daerah lain. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Beredar Video Kaesang Ditolak Salaman Megawati, Gibran: Jangan Percaya Hoaks

#Aparatur Sipil Negara (ASN) #Solo #RUmah DP 0 Persen #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan