Teknologi

3D Laser Scanner untuk Mempermudah Pengerjaan Bangunan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 29 Juni 2022
3D Laser Scanner untuk Mempermudah Pengerjaan Bangunan
FARO Focus Premium dapat dikoneksikan dengan tablet melalui aplikasi FARO Stream. (Foto: PT Datascrip)

PENGERJAAN proyek bangunan dibutuhkan kehati-hatian agar tidak merusak. Bahkan, ketika memindahkan atau memugar suatu objek atau bangunan perlu diperhatikan dengan detail agar ketika selesai sesuai dengan yang asli, wujud, ukuran dan letaknya.

Untuk itu, dibutuhkan dokumentasi 3D (tiga dimensi) yang dapat menghasilkan akurasi posisi dan ukuran objek. Data dokumentasi 3D ini juga dibutuhkan untuk proses desain dan perencanaan, sehingga pengerjaan proyek lebih efektif dan efisien, serta terhindar dari kesalahan yang menimbulkan biaya tambahan.

Baca Juga:

Lensa Dual Fisheye Teranyar Canon Sokong Ekosistem Virtual Reality Tanah Air

Tidak hanya untuk survei sipil dan arsitektur, data dokumentasi 3D juga bisa digunakan untuk kebutuhan forensik atau olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Dengan data dokumentasi 3D ini, dapat dianalisis apa yang terjadi sebelum, saat dan setelah peristiwa, seperti pada kasus kriminal atau kecelakaan lalu lintas.

FARO Focus Premium untuk Forsensik Olah TKP. (Foto: PT Datascrip)

FARO Technologies, Inc. melalui PT Datascrip menghadirkan FARO Focus Premium, perangkat 3D laser scanner untuk kebutuhan pengukuran ruang dengan pengambilan data 3D secara real time, cepat, akurat dengan kemudahan data sharing berbasis cloud.

"FARO Focus Premium memanfaatkan teknologi terbaru dengan platform kerja berbasis cloud, yaitu FARO Sphere untuk memudahkan analisis data secara cepat, serta aplikasi FARO Stream untuk memudahkan verifikasi data secara langsung melalui smartphone atau tablet," ujar Senior Division Manager PT Datascrip Nur Cahyo dalam keterangan resminya.

Baca Juga:

Proyektor Tanpa Kabel, Praktis untuk Presentasi

Perangkat ini memiliki prosesor generasi terbaru yang dapat memindai dengan cepat, hanya 1 menit per pemindaian untuk menghasilkan gambar berwarna. Perangkat ini memiliki rentang pemindaian yang luas hingga radius 350 meter, serta telah dilengkapi media penyimpanan SSD 128GB berkecepatan tinggi. Kamera pada perangkat ini juga mampu menghasilkan gambar 3D berwarna hingga 266 megapiksel.

FARO Focus Premium mengkombinasikan app FARO Stream dari smartphone dan layanan cloud FARO Sphare. (Foto: PT Datascrip)

Untuk kemudahan pengoperasian, perangkat 3D laser scanner ini telah dilengkapi layar sentuh, serta dipadukan dengan desain bodi ergonomis yang dilapisi karet tebal di bagian tepi, sehingga nyaman dan aman ketika digunakan.

Kecepatan pada perangkat ini yang hanya butuh waktu 1 menit untuk sekali pemindaian dipadukan dengan aplikasi dan platform untuk membuat alur kerja menjadi lebih cepat dan efisien. Dengan menggunakan aplikasi, pengguna dapat dengan mudah melakukan pengaturan dan monitoring pada laser scanner dari jarak jauh menggunakan smartphone/tablet (Android/iOS).

Setelah itu, data pemindaian bisa langsung dikirim ke platform cloud tanpa perlu menunggu petugas di lapangan datang ke kantor untuk menyerahkan data hasil pemindaian. Platform ini menjadi metode penyimpanan sekaligus berbagi data berbasis cloud yang menawarkan keamanan dan kemudahan akses ke semua layanan untuk efisiensi kerja. (ikh)

Baca Juga:

Printer Tanpa Kabel, Mudah Dibawa Kemana Pun

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan