33.162 Keluarga Tidak Memiliki Jamban Sehat di kabupaten Tangerang

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 28 Juni 2022
33.162 Keluarga Tidak Memiliki Jamban Sehat di kabupaten Tangerang
Ilustrasi toilet. (Foto: Pixabay)

MerahPutih.com - Masih banyak keluarga di Indonesia belum memiliki jamban atau tempat buang air besar yang layak.

Data Dinas Kesehatan menunjukkan sebanyak 33.162 keluarga dari total 722.092 keluarga di wilayah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, belum punya jamban sehat, fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk memutus mata rantai penularan penyakit.

Baca Juga:

Ini Bilik Paling Bersih dan Kotor di Toilet Umum

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Indri mengatakan, bahwa keluarga yang belum punya jamban sehat tersebar di 21 desa/kelurahan, dari total 246 desa serta 28 kelurahan yang ada di 29 wilayah kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Menurut dia, warga yang belum punya jamban sehat umumnya masih buang air besar menggunakan WC yang tidak layak, seperti WC cemplung dan plengsengan yang ada di kali atau kebun.

"Tentu ini akan berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat sekitar. Makanya dari masyarakat juga harus ada kesadaran (untuk membangun jamban sehat)," katanya, dikutip dari Antara, Selasa, (28/6).

Baca Juga:

Bayar Saat ke Kamar Kecil, Erick Perintahkan Pertamina Gratiskan Toilet di SPBU

Ia mengatakan bahwa Dinas Kesehatan tahun ini tidak punya alokasi anggaran untuk membantu pembangunan jamban sehat bagi masyarakat.

"Namun, dari Pemerintah Kabupaten Tangerang saat ini sudah ada program pembangunan sanitasi, dan kita sekarang hanya membantu untuk mengedukasi masyarakat," katanya.

Baca Juga:

Toilet SPBU Pertamina di Joglo Raya Bebas dari Penjaga Dua Ribuan

# Kabupaten Tangerang #Dinas Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan