32 Terduga Teroris Ditangkap Terkait Pengeboman Katedral Makassar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 01 April 2021
32 Terduga Teroris Ditangkap Terkait Pengeboman Katedral Makassar
Warga menyalakan lilin untuk para korban ledakan bom di Makasar saat aksi solidaritas di kawasan Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (28/3/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/wsj.

MerahPutih.com - Sejumlah terduga teroris diamankan oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri pasca bom bunuh diri yang dilakukan L dan YSF di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Total, ada 32 terduga teroris yang sudah diamankan dari beberapa wilayah.

Dari 32 yang ditangkap, 18 di antaranya ditangkap di Makassar. Mereka masuk ke dalam kelompok Kajian Villa Mutiara dan berkaitan dengan L dan YSF.

Baca Juga:

Polri Selidiki Keberadaan Perempuan Misterius saat Ledakan Bom di Makassar

"Penanganan terhadap pelaku, sampai siang hari ini Densus terus mengembangkan masalahnya," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (1/4).

Rusdi mengungkapkan, satu dari 18 terduga teroris yang ditangkap di Makassar merupakan otak pembuat bom berinisial W. Polisi terus mengembangkan kasus tersebut.

"Kasus tetap dikembangkan terus, diusut. Sehingga betul-betul kelompok Villa Mutiara ini bisa dituntaskan," katanya.

Lokasi peledakan pertama bahan baku bom milik terduga teroris di Condet, Jakarta Timur, Senin (29/3/2021). ANTARA/Yogi Rachman
Lokasi peledakan pertama bahan baku bom milik terduga teroris di Condet, Jakarta Timur, Senin (29/3/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Densus 88 juga menangkap tujuh terduga teroris di Jakarta yang sebelumnya disebutkan ada lima.

Namun, Rusdi tidak menjelaskan secara rinci siapa dan di mana dua terduga teroris yang baru ditangkap.

"Nanti apabila sudah tuntas tugas Densus, rekan-rekan akan tahu ini jaringan mana," katanya.

Selanjutnya, lima orang terduga teroris turut diamankan di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka masuk ke dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Kemudian untuk penahanan lain di NTB tetap 5. Di Jawa Timur ada 2 yang diamankan. Di Jakarta sudah 7 yang Condet dan Bekasi. Sekarang jumlahnya sudah 7 yang diamankan Densus 88 (di Jakarta)," tutur Rusdi.

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Mahfud MD Sebut Pelaku Bom Katedral Makassar Pecatan Polisi

Rusdi mengatakan, dari 20 orang yang menjadi korban bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, masih ada 4 yang dirawat di RS Bhayangkara. Keempat korban itu kondisinya semakin membaik.

"Dari 20 korban kasus Gereja Katedral di Makassar, alhamdulillah sekarang tingal 4 korban yang masih di Rumah Sakit Bhayangkara di Makassar. Tinggal 4 dirawat dan mudah-mudahan keempatnya pun keadaannya semakin membaik," tutupnya. (Knu)

Baca Juga:

Ini Sosok yang Mengetahui Secara Rinci Bom Bunuh Diri Sejoli di Makassar

#Aksi Teror #Terorisme #Densus 88
Bagikan
Bagikan