300 Umat Hadiri Misa Pertama di Gereja Katedral Umat menghadiri misa pertama di Gereja Katedral, Minggu (12/7). Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Gereja Katedral Jakarta kembali menggelar misa langsung pertama dengan dihadiri umat Kristen setelah kurang lebih tiga bulan selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Umat yang hadir hari ini ada 300 orang.

"Misa dimulai pukul 09.00 sampai 10.00 WIB," kata Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie kepada wartawan di Jakarta, Minggu (12/7).

Baca juga

Ketua KPK Ungkap Modus Korupsi Dana Penanganan Corona

Susyana mengatakan, total umat yang diizinkan mengikuti misa perdana ini hanya 20 pertama dari kapasitas.

"Total umat yang diizinkan mengikuti misa di dalam kompleks gereja ada 290 umat atau mengikuti ketentuan 20% atau kurang dari 20% dari kapasitas biasa. Sedangkan petugas liturgi dan non liturgi ada 19 orang," ucapnya.

Tidak hanya itu, pihak Gereja Katedral tidak menggelar jumpa pers ataupun wawancara tatap muka. Hal tersebut ditujukan untuk mencegah penularan virus corona.

"Wawancaranya mungkin online saja mas," tutur dia.

Umat menghadiri misa pertama di Gereja Katedral, Minggu (12/7). Foto: MP/Kanu

Pembukaan gereja dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan supaya tidak terjadi penularan virus corona.

Saat hendak memasuki kawasan gereja, petugas keamanan yang berjaga di depan gerbang memeriksa suhu tubuh umat menggunakan termogun untuk memastikan suhu pengunjung tidak lebih dari 37,5 derajat Celcius.

Umat wajib mengikuti panduan kesehatan yang ditetapkan pemerintah dengan selalu mengenakan masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir.Tempat duduk di dalam gereja diberi tanda silang sebagai langkah penerapan jaga jarak.

Sementara sejumlah wartawan yang hadir meliput didata terlebih dahulu, lalu mereka masuk secara bergantian. Wartawan harus mengisi absensi terlebih dahulu ketika tiba di lokasi. Setelah itu, nama mereka akan dipanggil berdasarkan nomor urut untuk selanjutnya diizinkan mengambil gambar di dalam secara terbatas.

"Kali ini tidak ada wawancara dengan Romo dan wartawan tidak bisa masuk seperti biasa, kami bagi kelompok, setiap kelompok ada tiga media dan masuk ambil gambar hanya lima menit," kata Susyana Suwadie.

Sebelum masuk ke dalam gereja, umat terlebih dahulu harus mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan. Setelah itu mereka dicek suhu tubuhnya dengan thermal gun.

Ketika berada dalam, umat wajib menjaga jarak. Pihak gereja sudah menyediakan sarana dan prasarananya untuk mengatur itu, seperti menyiagakan petugas dan memberi penandaan.

Umat Kristiani tampak khidmat beribadah di Gereja Katedral. Mereka mengikuti setiap tahapan peribadatan dengan tertib serta mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga

Anies Beberkan 'Dosa' Lurah Grogol Selatan Terkait e-KTP Djoko Tjandra

Selepas beribadat, umat Kristiani tampak dengan tertib meninggalkan lokasi Gereja Katedral. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH