300 Produk UKM Indonesia Dipamerkan di Expo 2020 Dubai

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 02 Oktober 2021
300 Produk UKM Indonesia Dipamerkan di Expo 2020 Dubai
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam pembukaan Paviliun Indonesia dalam gelaran Expo 2020 Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (1/10/2021) waktu setempat. ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah

MerahPutih.com - Gelaran internasional Expo 2020 Dubai akan menandai titik balik terjadinya pemulihan global dari krisis kesehatan pandemi COVID-19.

"World Expo di Dubai ini adalah harapan yang juga menandai titik balik pemulihan global kita," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam pembukaan Paviliun Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (1/10) waktu setempat.

Baca Juga:

Miniatur Tanah Air Akan Jadi Magnet Gaet Investor di Expo 2020 Dubai

Indonesia berpartisipasi dalam acara ini melalui sebuah bangunan megah yaitu Paviliun Indonesia yang berdiri di antara 192 negara yang berada di kawasan gelaran Expo 2020 Dubai. Indonesia akan membangun dan memanfaatkan momentum ini untuk mengatasi tantangan dan tekanan yang terjadi selama dua tahun terakhir.

"Saya percaya partisipasi kami dan paviliun. Kami menyajikan yang terbaik dari masa depan bagi Indonesia dan dunia," katanya. .

Partisipasi Indonesia dalam pemulihan global lewat gelaran Expo 2020 Dubai dilakukan dengan menunjukkan kapasitas, komitmen, dan kontribusinya untuk menciptakan tempat yang lebih baik di masa depan. Upaya itu tergambar melalui tema yang diusung yakni Creating the Future, From Indonesia to The World dengan konsep Connecting Yesterday, Today and Tomorrow.

Tema dan konsep ini dihadirkan melalui tiga zona yang berada di dalam Paviliun Indonesia yaitu Yesterday, Today, dan Tomorrow yang menggambarkan Indonesia di masa lalu, sekarang, dan kesiapan masa depan.

Salah satu contoh upaya Indonesia dalam mendukung pemulihan adalah dengan melibatkan lebih dari 300 produk usaha kecil dan menengah (UKM) dalam acara ini.

Pelaku UKM selama ini merasakan tekanan luar biasa akibat pandemi COVID-19 sehingga langkah tersebut merupakan inisiatif pemerintah untuk mendukung UKM agar mampu dijangkau oleh pasar global.

Ia berharap, partisipasi Indonesia dalam Expo 2020 Dubai yang menampilkan kekayaan sumber daya alam (SDA) hingga kebudayaan akan mampu menarik investor dan meningkatkan volume perdagangan sehingga indikator pemulihan dapat tercipta.

Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. (Foto: https://expo2020indonesia.id)
Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. (Foto: https://expo2020indonesia.id)

"Yang lebih penting adalah (acara ini) menawarkan peluang untuk berdagang dan berinvestasi," ujarnya.

Paviliun Indonesia di gelaran internasional Expo 2020 Dubai resmi dibuka mulai 1 Oktober 2021 sampai 31 Maret 2022, sehingga pengunjung dari segala penjuru dunia dapat datang untuk menikmati suguhan penuh khas Indonesia.

Selama berlangsungnya Expo 2020 Dubai, Indonesia melalui paviliunnya akan menghadirkan 26 tema mingguan dan lebih dari 75 forum bisnis dalam format hybrid yang didukung oleh 22 kementerian/lembaga (K/L), pemerintah daerah, dan mitra perusahaan. (Asp)

Baca Juga:

Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 Bidik Transaksi USD 1,5 Miliar

#Breaking #Expo 2020 Dubai #Pameran #UMKM #Pemulihan Ekonomi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan