30 Tahun Lumpuh, Vokalis Possessed Jeff Bercerra Kembali Berjalan

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 22 September 2021
30 Tahun Lumpuh, Vokalis Possessed Jeff Bercerra Kembali Berjalan
Jeff Bercerra kembali berjalan. (Foto: istimewa)

NAMA Jeff Bercerra, mungkin terdengar asing bagi kebanyakan orang. tetapi bagi penggemar musik metal, sosok ini mungkin bisa dikatakan menjadi pencetus dari sub-genre bernama Death Metal. Bersama band-nya, Possessed, ia meluncurkan album Seven Churches yang rilis pada 1985. Album inilah digadang sebagai awal pembaruan kancah musik metal menjadi lebih ekstrem.

Namun, bukan itu topik pembahasannya. Kembali ke 1989, di mana vokalis Possessed, Jeff Bercerra mengalami peristiwa tragis yang mengubah hidupnya. Insiden kegagalan perampokan bersenjata yang menimpa dirinya, diketahui dua peluru ditembakkan ke tubuhnya sampai akhirnya mengalami lumpuh mulai dari dada sampai kaki bawah.

Baca juga:

Audrey GAC Alami 'Quarter Life Crisis'

Sejak saat itu, Bercerra diharuskan terikat kursi roda. Pasca lebih dari 30 tahun insiden tersebut, tepatnya pada 18 September 2021, sebuah keajaiban terjadi, vokalis tersebut membagikan momen dirinya berjalan kembali dengan bantuan kaki robot melalui akun Instagram dari band-nya.

Video berdurasi 90 detik tersebut, memperlihatkan Bercerra berjalan di sebuah Lorong rumah sakit, ditemani tim kecil dari tenaga medis yang membantunya berjalan secara perlahan. Dalam unggahan tersebut, Becerra menulis “Aku berjalan lagi untuk pertama kalinya dalam lebih dari 30 tahun dengan bantuan kaki robot.”

Dalam sesi wawancara dengan The Undergroud Metal Gamer pada 2019, Jeff Bercerra menceritakan tentang insiden penembakan tersebut.

“Gue melakukan (pekerjaan) konstruksi beton. Hari itu gue bekerja sekitar 13 jam. Gue berhenti untuk mengambil sebungkus rokok dan sepertinya mengeluarkan seratus (uang kertas). Dan di jalan keluar, dua pria dengan jaket kupluk mengeluarkan senjata dan berkata ‘Berikan semua uang lu!’."

Baca juga:

8 Tahun Tanpa Materi, Placebo Kejutkan dengan Single ‘Beautiful James'

Bercerra melanjutkan “Gue agak menolak, gue seharusnya memberi mereka uang. Tetapi saat itu gue dalam keadaan kacau, gue terpojok. Ini bukan pertama kalinya gue ditodong pistol dan gue tahu itu sangat serius. Kami bertengkar, enggak ada jalan keluar sampai akhirnya gue tertembak beberapa kali.”

Pada insiden tersebut, Bercerra menerima tembakan hingga menembus tulang rusuk dan menghancurkan paru-paru, serta menempel di bagian tulang belakang. Jeff Bercerra yang kini telah melalui badai besar dalam hidupnya. Masih memiliki semangat dan harapan, itu yang membuat ia tetap mencintai apa yang dijalani.

Bahkan, dalam beberapa panggungnya, kamu bisa melihat Bercerra melakukan pertunjukan menggunakan kursi roda. Namun Bercerra tetap memiliki tekad dan semangat membara dalam membawakan setiap lagu yang dinyanyikan secara lantang. (Far)

Baca juga:

Lana Del Rey Puasa Main Media Sosial, Ini Alasannya

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan