30 Juta Warga Asing Menuturkan dan Pelajari Bahasa Indonesia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 02 Desember 2022
30 Juta Warga Asing Menuturkan dan Pelajari Bahasa Indonesia
Istana Merdeka. (Foto: Tangkapan Layar)

MerahPutih.com - Balai Bahasa Indonesia menegaskan, bahasan Indonesia telah mendunia dan dipelajari sekitar jutaan masyarakat dunia dan lembaga-lembaga internasional telah menuturkan bahasa Indonesia.

"Ya, hampir 300 juta orang masyarakat dunia termasuk Indonesia dengan jumlah penduduk 270 jiwa telah menuturkan bahasa Indonesia," kata Kepala Balai Bahasa Indonesia Sumatera Selatan (Sumsel) Umar Solikhan dikutip Antara.

Baca Juga:

'Pokemon Go' Berbahasa Indonesia Resmi Meluncur

Ia mengatakan, potensi bahasa Indonesia ini ke depan diyakini akan menjadi bahasa Internasional seperti bahasa Inggris.

Hingga pertengahan Tahun 2022 bahasa Indonesia yang sudah diituturkan untuk kawasan benua Amerika dan Eropa sebanyak 2 juta orang, kawasan benua Asia Pasifik dan Afrika 2,4 juta orang, dan kawasan Asia Tenggara selain Indonesia sebanyak 5,2 juta orang.

Kemudian sebanyak 428 lembaga-lembaga dunia, dan 56 negara juga mempelajari bahasa Indonesia Selain itu, ada sebanyak 142 ribu orang mahasiswa atau pelajar asing yang mempelajari bahasa Indonesia dan dibina oleh Balai Bahasa Indonesia dalam program pembelajaran bahasa Indonesia untuk penduduk asing.

Berdasarkan Undang-Undang No.24 Tahun 2009 yang mengamanatkan supaya bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa Internasional.

"Walaupun dalam masa pandemi COVID-19 ini tidak menghalangi perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri," katanya.

Ia mengatakan, meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, Balai Bahasa Provinsi Sumsel juga telah memberikan penghargaan kepada lembaga-lembaga pemerintah dan swasta yang konsisten menggunakan bahasa di ruang publik, dan membuat nota, laporan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pihaknya, tegas ia, akan terus melakukan pembinaan dan menjadi mitra dalam pengembangan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca Juga:

Assalamualaikum, Kuy Belajar Bahasa Indonesia Bareng Vokalis Weezer

#Bahasa Indonesia #Istana
Bagikan
Bagikan