Game

30.000 Copy 'Cyberpunk 2077' Berhasil Refund

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 26 April 2021
30.000 Copy 'Cyberpunk 2077' Berhasil Refund
Meski komplain melanda, CD Projekt Red mampu menyisakan 30 juta kopi hasil refund mantan pemainnya. (Foto: CD Projekt Red)

ADA ribuan komplain tentang optimisasi yang merusak citra CD Projekt Red sejak perilisan game Cyberpunk 2077. Meski begitu, sang developer bertanggung jawab dengan membuka layanan refund untuk pemain yang kecewa dengan gamenya.

Alhasil, dari 13,7 juta lebih game yang terjual, hanya 30 ribu yang berhasil kembali ke si developer. Dilansir dari laman Kotaku, hal ini diumumkan sendiri oleh CFO dari CD Projekt Red yakni Piotr Nielubowicz melalui kampanye "Help Me Refund" pada awal 2021 ini.

Baca juga:

Usai Diretas, CD Projekt Red Tunda Rilis Update 2.1 Cyberpunk 2077

Kampanye tersebut dibuat khusus untuk meredakan amarah dari orang yang komplain atas ketidakpuasan dari game ini. Ternyata, dari refund hanya membuat CD Projekt Red rugi Rp31 miliar dari Rp8,12 triliun yang telah ia dapatkan dari kesuksesan Cyberpunk 2077.

Hanya menyisakan 5 persen kurang dari pendapatan bersih. (Foto: CD Projekt Red)

"Hanya lima persen dari kesulitan yang kami alami. Tapi patut diingat bahwa kampanye refund ini dilakukan ke seluruh dunia, dan bahkan harus bekerja sama dengan pihak bankir. Ini bukanlah pekerjaan yang mudah," ujar Nielubowicz.

Komplain hingga membuat kampanye "Help Me Refund" berawal dari 10 Desember 2020. Saat itu, sebagian pemain Cyberpunk 2077 yang bermain di konsol current-gen kecewa akan optimisasi pada game tersebut. Penuh bug dan hampir tidak bisa dimainkan secara nyaman, CD Projekt Red membuat video permohonan maaf lewat YouTube dan berkomitmen untuk merilis update perbaikan.

Baca juga:

Developer 'Cyberpunk 2077' Hapus Mod Mesum yang Libatkan Keanu Reeves

CD Projekt Red ternyata pernah mendapatkan kasus yang sama dengan game The Witcher. Namun, meski dengan penggarapan yang singkat dan dirilis tanpa penundaan game tersebut tidak memiliki komplain sebanyak Cyberpunk 2077.

Di lain hal, Sony dan Microsoft membuat akses untuk refund Cyberpunk 2077 menjadi lebih mudah dengan aspek finansial yang lebih terjangkau untuk pasar global. Tetapi demi membuat Cyberpunk 2077 tidak mendapatkan komplain lebih lanjut, Sony pernah menghapus laman penjualan game ini di PlayStation Store seminggu setelah rilis.

Tentu kampanye refund tersebut masih tetap berjalan hingga sekarang, khususnya untuk pemain yang membeli game fisik dapat melakukan refund di retail resmi. Selain itu, CD Projekt Red akan merilis update dengan ekspansi gratis untuk para pemainnya dengan iming-iming multiplayer yang sudah pasti dinanti. (dnz)

Baca juga:

Banyak Masalah, CD Projekt RED Tawarkan 'Refund' untuk 'Cyberpunk 2077'

#Game #Gamers
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan